• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Metropolis

Sidoarjo Raih Runner Up Juara Umum MTQ XXIX Jatim

Sidoarjo Raih Runner Up Juara Umum MTQ XXIX Jatim
Sejumlah Kafilah Kabupaten Sidoarjo yang turut berlomba dalam ajang MTQ ke-XXIX Jatim tahun 2021.(Foto: NOJ/LYR)
Sejumlah Kafilah Kabupaten Sidoarjo yang turut berlomba dalam ajang MTQ ke-XXIX Jatim tahun 2021.(Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kabupaten Sidoarjo berhasil menjadi runner up juara umum dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX tingkat Jatim di Kabupaten Pamekasan tahun 2021. Prestasi tersebut didapat setelah berhasil meloloskan 15 finalis dengan total 123 poin. Sedangkan juara umum I diraih oleh Kabupaten Lamongan dengan capaian poin 125.

 

Sebagaimana diketahui, di ajang MTQ tingkat Jatim selama ini, Kabupaten Sidoarjo, Lamongan, Gresik, dan Tuban memang selalu berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Adapun beberapa kabupaten/kota lain yang juga bagus yakni Jombang, Pasuruan, Surabaya, Kediri, dan wilayah Madura.

 

Sebanyak 70 kafilah dari Sidoarjo diberangkatkan menuju ajang dua tahunan ini. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 52 orang peserta yang mengikuti 44 cabang lomba di MTQ ke-XXIX ini, dan sisanya merupakan official, pendamping, pembina, serta official.

 

H Mochammad Hudori selaku ketua official Kafilah Sidoarjo menuturkan, bahwa 15 orang kafilah dari Kabupaten Sidoarjo telah berhasil lolos menjadi finalis dalam MTQ ke-XXIX kali ini. Diantaranya adalah M Ikhsanus Sobach, M Bakhrun Nafis, dan M Faza Musyaffa Al-Azizi (Juara I Cabang Musabaqah Syarhil Qur’an Putra), Abdad Fatih Fawwaz (Juara I Tilawah Anak Putra), Alfina Rahma Mawaddah (Juara I Tilawah Remaja), dan Muhammad Sufyan Assauri (Juara I Qira’at Sab’ah Dewasa).

 

“Kemudian enam orang finalis lainnya berhasil menyabet Juara II. Selanjutnya sebanyak lima orang finalis meraih Juara III. Selain 15 orang finalis tersebut, sebanyak sembilan peserta juga mendapatkan juara harapan,” tutur Kepala Bagian (Kabag) Kesra Sekretariat Daerah (Sekda) Pemkab Sidoarjo tersebut kepada NU Online Jatim, Kamis (11/11).

 

Lebih lanjut, Wakil Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Sukodono, Sidoarjo tersebut menegaskan, dibandingkan dengan hasil capaian di MTQ ke-XXVIII tahun 2019 lalu di Kabupaten Tuban, capaian poin kafilah Kabupaten Sidoarjo saat ini mengalami peningkatan dari 113 menjadi 123 poin.

 

“Peserta dan pembina official pada MTQ XXIX ini sudah maksimal. Kami harap LPTQ Jatim ke depan harus profesional dan lebih baik lagi dalam menyelenggarakan MTQ, agar sportivitas para dewan hakim sesuai dengan sumpahnya, jujur, dan adil dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga MTQ ini benar-benar mencari kader terbaik anak Jatim yang dipersiapkan menuju ajang MTQ tingkat nasional di Kalimantan Selatan tahun 2022 mendatang,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru