• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Pesantren Modern Al-Amanah Sidoarjo Gelar Mahakarya Seni

Pesantren Modern Al-Amanah Sidoarjo Gelar Mahakarya Seni
KH Nurkholis Misbah, Pengasuh Pesantren Modern Al-Amanah. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
KH Nurkholis Misbah, Pengasuh Pesantren Modern Al-Amanah. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi Krian Sidoarjo menggelar Mahakarya Seni Al-Amanah. Pagelaran seni akbar yang dilakukan oleh Santri Putri 1813 tersebut dipusatkan di Lapangan Mahsyar pesantren setempat, Sabtu (13/11/2021).

 

Acara megah tersebut mengusung tema ‘Menatap Kembali Wajah Nusantara Mewujudkan Generasi Muda Sebagai Aditokoh untuk Panggung Peradaban Mulia’.

 

“Ada satu impian yang terus menerus ada di dalam pikiran saya. Sebuah pendidikan yang di dalamnya memuat tiga komponen, yaitu keyakinan, keimanan, dan kolaborasi guna mengembangkan kreativitas,” ujar Pengasuh Pesantren Modern Al-Amanah, KH Nurkholis Misbah.

 

Menurutnya, semua lembaga pendidikan di bawah naungan Pesantren Modern Al-Amanah telah mengajarkan tiga komponen tersebut. Semuanya diimpikan untuk ditampilkan secara utuh dalam sebuah aktifitas dari santri dengan semangat kerja sama.

 

“Dan hari ini yang saya impikan nampaknya mulai terwujud dengan terlaksananya acara ini,” tutur alumni Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri, Kediri ini.

 

Dirinya mengatakan, santri dulu sudah memberikan catatan emas, maka santri yang akan datang diharapkan membuat catatan sejarah yang sama meski dengan tantangan yang berbeda.

 

“Tantangannya ke depan adalah sempurnanya keimanan dan keyakinan, kreativitas, dan kolaborasi,” pungkasnya.

 

Sementara ketua panitia Mahakarya Seni Al-Amanah, Ustadzah Fitriya Islami mengatakan, pegelaran seni ini sebagai bentuk persembahan santri untuk para generasi penerus NKRI.

 

“Karena bertambahnya pemahaman kami sebagai generasi yang harus berinovasi, maka kami mewujudkan persembahan ini,” katanya.

 

Adapun yang ditampilkan dalam acara ini meliputi, tarian nusantara, musik tradisional, musik daerah, fashion show dengan baju adat, Paskibraka, melukis dengan pasir, dan drama musikal.

 

“Ada pula  penampilan Al-Amanah lawak club, karate dance, pencak silat, PBB dance, adu rap dan lain sebagainya,” pungkasnya.

 

 

Hadir dalam acara itu Nyai Hj Rifa’atul Mahmudah beserta para ustadz-ustadzah pesantren. Para kepala sekolah lembaga pendidikan di bawah naungan Pesantren Modern Al-Amanah, dan ribuan santriwati. Acara ini juga disiarkan langsung di kanal youtube Al-Amanah Junwangi.


Metropolis Terbaru