• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Musker NU Sukodono, Wabup Sidoarjo Apresiasi Spirit Kemandirian NU

Musker NU Sukodono, Wabup Sidoarjo Apresiasi Spirit Kemandirian NU
Musyawarah Kerja MWCNU Sukodono, Sidoarjo masa khidmat 2021-2026. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Musyawarah Kerja MWCNU Sukodono, Sidoarjo masa khidmat 2021-2026. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo masa khidmat 2021-2026 menggelar musyawarah kerja (Musker). Kegiatan yang mengusung tema “Menyongsong Satu Abad NU, Mewujudkan Kemandirian Organisasi” dipusatkan di Villa Asia Jaya Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu-Ahad (13-14/11/2021).

 

Musker tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo, dan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo. Diikuti seluruh pengurus mulai jajaran Syuriyah, Tanfidziyah, lembaga dan badan otonom (banom) hingga perwakilan 19 Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU).

 

Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi, mengapresiasi atas terselenggaranya Musker oleh MWCNU Sukodono. Menurutnya, dengan kemandirian, NU akan mampu menjawab tantangan di masa depan.

 

“NU harus bisa mandiri, Musker ini diharapkan bisa memberikan pembekalan kepada MWCNU maupun ranting NU menuju kemandirian NU. Kami berharap antara NU dengan pemerintah seiring sejalan bersama-sama membangun Sidoarjo,” katanya.

 

Sementara, Ketua PCNU Sidoarjo KH Maskhun menuturkan, Musker ini merupakan bentuk konsolidasi sebagai bagian awal dari masa khidmah sekaligus sebagai kunci untuk keberhasilan di masa yang akan datang.

 

“Sekaligus untuk membangun tata kelola organisasi yang baik serta merumuskan program-program yang akan dilaksanakan dalam satu masa khidmah ini,” tuturnya.

 

Menurutnya, tekad yang sudah diteguhkan bersama untuk mewujudkan organisasi atau jami’iyah yang profesional, mandiri, dan rahmatan lil ‘alamin itu akan bisa segera terwujud.

 

Lebih lanjut, Kiai Maskhun menekankan, saat ini harus dicanangkan program-program dalam rangka kemandirian. Salah satu di antaranya adalah program fund raising atau penggalian sumber dana yang bisa dijadikan sebagai dana operasional organisasi.

 

“Sehingga setiap kegiatan itu bisa direncanakan sekaligus juga disiapkan anggaran dananya. Kita selama ini setiap akan mengadakan kegiatan  baru kemudian mencari sumber dananya,” ujarnya.

 

Terkait rencana pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU pada 28 November 2021 mendatang, dirinya berharap bisa berjalan lancar dan menghasilkan kepengurusan baru yang bisa membawa PCNU Sidoarjo lebih baik lagi, meskipun PCNU Sidoarjo sudah pernah meraih Juara I PWNU Jatim Award, serta banyak program dan prestasi yang sudah berhasil dicapai.

 

Sementara, Ketua MWCNU Sukodono H Fathul Ibad mengatakan, Musker ini dilakukan dengan tujuan agar program-program MWCNU Sukodono lebih terarah dan terlaksana sesuai dengan harapan warga NU di Kecamatan Sukodono serta untuk terwujudnya kemandirian NU.

 

“Dengan adanya Musker ini, saya berharap MWCNU Sukodono mampu menyusun program-program yang terbaik dan tersusun secara sistematis. Sehingga bisa terlaksana dengan baik dan memberikan dampak positif bagi warga  yang ada di Kecamatan Sukodono," ungkapnya.


Metropolis Terbaru