• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 22 Mei 2022

Matraman

Mahasiswa Lintas Kampus di Jombang Doa Bersama untuk Palestina

Mahasiswa Lintas Kampus di Jombang Doa Bersama untuk Palestina
Mahassiwa doa bersama untuk Palestina di Kabupaten Jombang. (Foto: jombang.nu.or.id)
Mahassiwa doa bersama untuk Palestina di Kabupaten Jombang. (Foto: jombang.nu.or.id)

Jombang, NU Online Jatim

Aliansi mahasiswa dari berbagai perwakilan kampus di Kabupaten Jombang mendukung Palestina atas konflik yang dihadapi dengan Israel. Dukungan tersebut berupa doa bersama di Bundaran Ringin Contong, kabupaten setempat, Senin malam (24/05/2021).

 

Acara ini diawali dengan dialog seputar Palestina dengan menghadirkan narasumber beberapa anggota dewan.  Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang Ahmad Samsul Rijal mengatakan, Indonesia dan Palestina sudah sejak lama membangun hubungan persaudaraan dengan demikian baik.

 

Indonesia sangat membela hak-hak dan kebebasan rakyat Palestina dan mendukung perjuangan rakyat Palestina. Terlebih pada situasi konflik senjata dengan Israel belakangan ini.

 

"Kehadiran mereka cermin dari konsisten posisi dan sikap Indonesia dan rakyatnya yang mengutuk kejahatan Zionis Israel dan abainya PBB atas kejahatan kemanusiaan," ujar Kiai Rijal, sapaan akrab Ahmad Samsul Rijal, dikutip dari jombang.nu.or.id, Selasa (25/05/2021).

 

Sikap yang sama menurutnya juga ditunjukkan NU, sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan terbesar di Nusantara. NU, kata dia, melalui kebijakannya secara tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina terhadap hak-haknya sebagai bangsa dan warga negara.

 

"Saya sebagai Nahdliyin mengikuti kebijakan NU yang konsisten sejak 1938 mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam mempertahankan bangsa dan kemerdekaan negaranya dari penjajahan Inggris, hingga pendudukan zionisme Israel dan pemaksaan berdirinya negara Israel diwilayah rakyat-bangsa Palestina," kata Kiai Rijal.

 

Ia berharap, konflik yang kembali dihadapi Palestina dengan Israel adalah yang terakhir kalinya. Sejumlah komunitas dan organisasi kemasyarakatan, bahkan negara-negara di luar Indonesia juga perlu terus mendemonstrasikan sikap dukungannya terhadap Palestina.

 

"Semoga Allah SWT memberi kekuatan dan menolong Palestina dalam segala hal hingga berdiri tegak sebagai negara-bangsa yang merdeka dan berdaulat," ucapnya.

 

Ia mengatakan, kegiatan doa bersama yang melibatkan banyak mahasiswa dan wakil rakyat ini cukup berpengaruh terhadap situasi nasional. Diharapkan lebih banyak lagi dukungan-dukungan dari berbagi pihak atas penghentian kejahatan-kejahatan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. 

 

Bila siang, aksi solidaritas untuk Palestina ini pasti gegap gempita, dengan energi yang meledak-ledak dan emosional penuh dukungan terhadap Palestina. Malam lebih khusyuk, karena di antara acara pokok adalah doa bersama dukungan dari Kota Santri untuk Palestina," pungkas Kiai Rijal.

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru