• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Matraman

Momentum Lebaran, IPNU-IPPNU Pacitan Sowan Alumni dan Tokoh NU

Momentum Lebaran, IPNU-IPPNU Pacitan Sowan Alumni dan Tokoh NU
Sejumlah kader IPNU-IPPNU saat sowan kepada tokoh NU di Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul Mu'awanah).
Sejumlah kader IPNU-IPPNU saat sowan kepada tokoh NU di Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul Mu'awanah).

Pacitan, NU Online Jatim

Terik matahari di Kabupaten Pacitan tidak menyurutkan semangat kader Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) untuk melakukan silaturahim. Silaturahim atau sowan tersebut menyasar alumni dan tokoh NU setempat. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap sejak Senin (17/05/2021) hingga Rabu (19/05/2021), dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Untuk mengurangi berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, silaturahim kali ini hanya melibatkan pengurus Pimpinan Cabang. Berbeda dengan periode sebelumnya yang melibatkan kader di semua tingkatan, mulai Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga Pimpinan Komisariat (PK).

 

Muhammad Amin Hidayat, Ketua PC IPNU Pacitan memaparkan, bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk mengenalkan kepada pengurus baru IPNU-IPPNU Pacitan terkait alumni, tokoh penggerak, maupun kiai-kiai NU yang ada di wilayah setempat.

 

“Silaturahim ini selain untuk menghormati para sesepuh, kita juga mengenalkan kepada pengurus baru siapa saja tokoh yang berjuang di IPNU-IPPNU maupun di NU,” tuturnya kepada NU Online Jatim.

 

Senada dengan hal itu, Ketua PC IPPNU Pacitan Prima Sulistyaningsih mengatakan, bahwa momentum hari raya  Idul Fitri selain untuk bermaaaf-maafan, juga waktu yang tepat untuk memohon doa restu, demi kesuksesan dan kelancaran kepengurusan IPNU-IPPNU satu periode ke depan.

 

“Yang pasti, selain silaturahim kita juga memohon doa restu untuk kepengurusan IPNU-IPPNU Pacitan ke depan. Terlebih, saat ini kan juga baru awal kepengurusan,” katanya.

 

Salah satu pengurus baru PC IPNU Pacitan, Muhammad Abdurrahman mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Ia berharap, agar silaturahim tersebut tidak hanya dilakukan pada saat momentum lebaran saja.

 

“Saya berharap ini tidak hanya dilaksanakan sewaktu lebaran saja, tetapi di waktu dan kesempatan lainnya juga. Karena arahan dan doa dari para sesepuh sangat kita butuhkan demi kemajuan organisasi ini,” terang Wakil Sekretaris 3 PC IPNU Pacitan tersebut.

 

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kebonagung, Ustad Mukodi, menjadi salah satu tokoh yang disowani. Ia meminta kepada sejumlah kader agar bersungguh-sungguh dalam berproses di IPNU-IPPNU. Selain itu, juga perlu  meyakini bahwa hal ini merupakan proses mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

“Perbaiki niatnya dan sabarlah dalam berjuang. Serta yakinlah bahwa IPNU-IPPNU ini merupakan jalan kalian sebagai pelajar menuju surgaNya Allah,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru