• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 6 Februari 2023

Rehat

Tiga Hal Harus Diperhatikan agar Sehat Selama Lebaran

Tiga Hal Harus Diperhatikan agar Sehat Selama Lebaran
Makan bersama kadang membuat lupa, apalagi saat Idul Fitri. (Foto: NOJ/MAs)
Makan bersama kadang membuat lupa, apalagi saat Idul Fitri. (Foto: NOJ/MAs)

Merayakan hari kemenangan atau lebaran adalah momen yang ditunggu seluruh muslim di dunia setelah berpuasa selama satu bulan penuh.

 

Biasanya, momen lebaran juga dijadikan ajang silaturahim atau berkumpul dengan keluarga. Selain itu, makan juga merupakan kegiatan wajib yang dilakukan saat ke tempat keluarga, tentu sangat akan tidak enak jika menolak saat tuan rumah menawarkan dan telah menyiapkan menu spesial. Namun ingat, kita tetap harus memperhatikan dan mempertahankan pola makan sehat pada saat lebaran agar terhindar dari segala macam penyakit setelahnya.

 

Berikut adalah tips agar tetap sehat setelah menikmati jamuan makan pada saat lebaran:

 

Pertama, Jangan ‘Lapar Mata’

Persediaan makanan pasti sangat berlimpah saat lebaran. Mulai dari camilan hingga makanan berat tersaji di depan mata. Nah, jika sudah begini sebaiknya jangan lapar mata untuk menikmati semua makanan yang disajikan. Pilih beberapa makanan yang kiranya menjadi makanan favorit saat lebaran.

 

Anda bisa menikmati makanan dengan porsi yang kecil-kecil atau sedikit. Jangan makan satu jenis makanan dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, nantinya pasti akan bertemu dengan beberapa jenis makanan lain yang juga ingin anda nikmati. Selain itu, tubuh anda baru saja menjalani puasa selama 30 hari, kemungkinan tubuh mulai terbiasa dengan pola makan yang sedikit. Dikhawatirkan jika makan berlebihan dan tidak memikirkan porsi makan, lambung akan kaget bahkan yang paling buruk bisa terkena maag saat sedang bersilahturahim di hari raya.

 

Kedua, Batasi Jenis Makanan Tertentu

Tentu jenis makanan bersantan dan makanan manis akan banyak tersaji di piring saat kamu merayakan hari raya Idul Fitri. Batasi jenis makanan tertentu, misalnya makanan yang bersantan. Makanan yang bersantan mengandung lemak jenuh atau lemak tinggi yang bisa membuat anda berisiko mengidap kolesterol. Batasi juga makanan manis, sebab penyakit diabetes, berat badan berlebih, dan kerusakan gigi bisa mengintai jika berlebihan mengonsumsi makanan manis.

 

Ketiga, Berhenti Makan sebelum Kenyang

Salah satu alasan berat badan cepat naik saat hari lebaran karena anda cukup sering mengabaikan rasa kenyang yang dirasakan. Biasanya, saat sudah dalam keadaan terlalu kenyang anda baru berhenti makan. Nah, anda bisa mengalihkan rasa ‘lapar palsu’ dengan mengalihkan perhatian, misalnya ngobrol dengan sanak saudara atau minum banyak air putih agar tidak terus merasa lapar dan tubuh juga akan sehat karena kebutuhan air tercukupi.

 

Ya, merayakan hari kemenangan dengan berkumpul bersama keluarga dan menikmati beberapa sajian yang disajikan boleh saja, asal tetap ingat batasan. 


Editor:

Rehat Terbaru