• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Jujugan

Camilan Ramadlan, Keripik Pisang Produk Fatayat NU di Bangkalan

Camilan Ramadlan, Keripik Pisang Produk Fatayat NU di Bangkalan
Keripik Pisang produk PAC Fatayat NU Konang, Kabupaten Bangkalan. (Foto: NOJ/ Hafidi).
Keripik Pisang produk PAC Fatayat NU Konang, Kabupaten Bangkalan. (Foto: NOJ/ Hafidi).

Bangkalan, NU Online Jatim

Bulan Ramadlan merupakan bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa, dan tak kalah pentingnya juga menunaikan ibadah shalat tarawih di masjid atau mushala terdekat pada malam harinya.

 

Hal tersebut tak terkecuali bagi warga Nahdlatul Ulama (NU) atau nahdliyin yang senantiasa antusias menyambut bulan suci yang penuh berkah ini dengan berbagai tradisi lokal yang ada, salah satu diantaranya adalah kekayaan kuliner setempat.

 

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Konang Kabupaten Bangkalan dalam hal kuliner memiliki jajanan khas yaitu keripik pisang. Produksi keripik ini disebabkan oleh banyaknya pohon pisang di kecamatan setempat sehingga melahirkan kreasi positif di kalangan pemudi NU untuk meluncurkan sebuah produk unggulan rumahan buatan sendiri atau home made.

 

“Berkaca dari banyaknya pohon pisang di Kecamatan Konang, maka kami membuat inisiatif untuk membuat keripik yang bahan baku utamanya adalah pisang,” tutur Ketua PAC Fatayat NU Konang, Ida Rosyidah.

 

Wanita yang akrab disapa Ning Ida ini melanjutkan bahwa suatu produk akan menjadi khas jika bahan bakunya mudah didapat di lingkungan sekitar. “Sebagaimana keripik pisang home made by Fatayat NU Konang ini,” ucapnya kepada NU Online Jatim, Senin (12/04/2021).

 

Masih kata pengajar di MTs Pesantren Al- Ibrahimy Konang tersebut, maksud dan tujuan pembuatan keripik pisang ini adalah untuk memberdayakan perekonomian semua kader Fatayat NU Konang dan menciptakan produk unggulan setempat.

 

“Baik PAC maupun ranting agar mempunyai income dari usahanya sendiri. Selain itu, juga untuk menciptakan produk khas unggulan Kecamatan Konang yang bahan bakunya tersedia melimpah di sekitar kita,” kata Ning Ida.

 

 

Dirinya berharap dari produk unggulannya ini juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi pengangguran di wilayahnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Jujugan Terbaru