• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Matraman

Pagar Nusa di Ponorogo Meriahkan Haul Kiai Ageng Muhammad Besari

Pagar Nusa di Ponorogo Meriahkan Haul Kiai Ageng Muhammad Besari
Penampilan Pagar Nusa Jetis, Ponorogo saat kirab budaya dalam rangka haul Kiai Ageng Muhammad Besari. (Foto: NOJ/Arisel WA)
Penampilan Pagar Nusa Jetis, Ponorogo saat kirab budaya dalam rangka haul Kiai Ageng Muhammad Besari. (Foto: NOJ/Arisel WA)

Ponorogo, NU Online Jatim
Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kecamatan Jetis, Ponorogo turut memeriahkan kirab budaya. Kali ini dalam acara haul Kiai Ageng Muhammad Besari ke-275, Selasa (14/06/2022).


"Ini adalah kali pertama kami diminta untuk turut andil dalam memeriahkan haul Kiai Ageng," kata Tarmuji, Wakil Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Jetis.


Kendati pertama kali, namun PAC Pagar Nusa Jetis yang berpusat di Desa Tegalsari itu telah beranggotakan kurang lebih 5000 orang. Mereka telah mewadahi santri yang memiliki kegemaran dalam bidang bela diri.


"Kami ikut serta memeriahkan acara haul dan supaya masyarakat tahu di NU ada pencak silat yang namanya Pagar Nusa, khususnya masyarakat Jetis sendiri," jelasnya.


Dikemukakan, Pagar Nusa adalah pencak silat dan merupakan seni budaya yang siap membentengi kiai. Dengan diiringi shalawat Nahdiyah, ada dua penampilan yang disuguhkan dalam acara haul kali ini. Yakni Salam Pagar Nusa dan Langkah 17.


"Langkah 17 adalah langkah pertama di gerakan aksi silat Muslim Indonesia atau biasa disebut Gasmi yang diajarkan langsung oleh Gus Maksum Jauhari, pendiri pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa," ungkap dia.


Sedangkan Hendi Rustanto merasa bangga dan senang karena bisa turut memeriahkan acara haul. 


“Apalagi mengikutsertakan badan otonom yang ada di NU," tandasnya.


Turut hadir pada acara ini, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, wakil bupati, Lisdiyarita, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Jetis serta badan otonom NU Kecamatan Jetis.


Editor:

Matraman Terbaru