• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Matraman

PC IPNU IPPNU Kabupaten Pacitan Kerahkan Kadernya ke Lokasi Tanah Longsor

PC IPNU IPPNU Kabupaten Pacitan Kerahkan Kadernya ke Lokasi Tanah Longsor
Proses pembelajaran anak-anak terdampak tanah longsor. (Foto: NOJ/riyanto)
Proses pembelajaran anak-anak terdampak tanah longsor. (Foto: NOJ/riyanto)

Pacitan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri (IPPNU) Kabupaten Pacitan mengerahkan kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kecamatan Kebonagung ke lokasi tanah longsor di Desa Gembuk. Dewan Kerja Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Kabupaten Pacitan turut berkontibusi untuk membantu masyarakat setempat dalam pemulihan akibat bencana tanah longsor.



Ketua PC IPNU Kabupaten Pacitan, Prandika Dimas Sanjaya memaparkan, bahwa IPNU IPPNU beserta DKC CBP KPP akan melakukan pengecatan kamar mandi dan memberikan pembelajaran bagi anak-anak Desa Gembuk.

 

“Hari ini kami akanmengecatan kamar mandi, pembelajaran bersama anak-anak Desa Gembuk. Pembelajarannya meliputi mengaji dan tugas-tugas mata pelajaran sekolah," katanya pada Senin (30/11/2020).



Menurut Nur Wahyu Ketua DKC CBP Kabupaten Pacitan, dirinya bersama tim juga membantu membersikan rumah warga dan akses jalan yang tertimbun longsor.

 

“Ada juga yang ikut membersihkan rumah warga yang tertimbun tanah longsor, dan ada satu jalan yang sementara ini tidak bisa di akses karena penuh dengan timbunan longsor,” ujarnya.



Nugroho Eko Prabowo, Kepala Desa Gembuk mengungkapkan, bahwa peran dari IPNU IPPNU sangat di harapkan untuk memberikan pemulihan mental utamanya bagi pelajar.

 

“Diharapkan IPNU-IPPNU bisa ikut andil untuk menghibur anak-anak,” tegasnya.


Ketua PAC IPNU Kecamatan Kebonagung, Syaiful Amri juga menambahkan, bahwa IPNU IPPNU Kabupaten Pacitan mengambil langkah mulai hari ini hingga 1 bulan mendatang. Tepatnya di hari Senin dan Rabu untuk mengajar di Balai Desa Gembuk.

 

“Dengan adanya trauma healing yang dilakukan oleh para kader IPNU IPPNU, diharapkan akan sangat membantu terhadap pemulihan mental anak-anak yang terdampak bencana. Selain itu, bimbingan mengajar akan meringankan tugas anak-anak meskipun dalam kondisi yang seperti itu,” jelasnya.



Penulis: Riyanto

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru