• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

PC IPNU-IPPNU Ponorogo Sediakan Pusat Informasi Konseling Remaja

PC IPNU-IPPNU Ponorogo Sediakan Pusat Informasi Konseling Remaja
Prosesi pelantikan pengurus PIK-R 'Pelita' PC IPNU-IPPNU Kabupaten Ponorogo, Selasa (05/01/2021). (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah).
Prosesi pelantikan pengurus PIK-R 'Pelita' PC IPNU-IPPNU Kabupaten Ponorogo, Selasa (05/01/2021). (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah).

Ponorogo, NU Online Jatim 

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) ‘Pelita’ merupakan salah satu unit lembaga dari Lembaga Konseling Pelajar (LKP) yang berada di bawah naungan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)  Kabupaten Ponorogo. 

 

Setelah terbentuk, pengurus PIK-R ‘Pelita’ dilantik oleh PC IPNU-IPPNU Ponorogo, Selasa (05/01/2021). Pelantikan ini dipimpin Anton Samsuri selaku Ketua PC IPNU Ponorogo. 

 

Dalam sambutannya, Siti Nurul Jannah selaku Pembina PIK-R ‘Pelita’ menyampaikan, keberadaan lembaga PIK-R diharapkan tidak hanya berada di level PC. Tetapi juga terbentuk di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga Pimpinan Ranting (PR). “Tujuannya agar dapat mengawal konseling untuk para remaja di daerahnya masing-masing,” katanya.

 

Pelantikan yang bertempat di Aula Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama tersebut dihadiri perwakilan dari PAC se-Kabupaten Ponorogo dan organisasi eksternal seperti Insan GenRe (Generasi Berencana) dan SAKA Kencana Ponorogo.

 

Acara ini dimulai dengan pelantikan pengurus. Kemudian acara dilanjutkan dengan ‘Diskusi Millenial’ yang dipandu Febrianto selaku moderator. Sedangkan pemantiknya adalah Nadhila Sekar Pramesti juara harapan tiga dari Duta Genre Indonesia 2020.

 

Diskusi ini juga menjadi ajang sosialisasi wawasan tentang dampak dan resiko bagi remaja mengenai kesehatan reproduksi. Diantaranya pernikahan dini, seks bebas, Napza, dan HIV/AIDS sebagai bekal remaja untuk masa depan cerah. 

 

"Diskusi ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan remaja yang semakin kesini permasalahannya semakin komplek, seperti kasus kenakalan remaja. Oleh karena itu mereka perlu dibekali TRIAD KRR. Mengingat bahwa remaja adalah investasi masa depan bangsa, maka pelajar IPNU-IPPNU diharapkan dapat menjadi model/ contoh  bagi remaja lain sebagai pelopor menghindari tindakan seks bebas, pernikahan dini, serta tindakan inmoral lainnya,” ucap Zakiya Hannani Wafda, Koordinator Lembaga Konseling Pelajar (LKP) PC IPNU-IPPNU Ponorogo.

 

 

"Progam kerja dalam waktu dekat ini PIK-R Pelita adalah mencetak para kader IPNU IPPNU yang berpotensi melalui ajang kompetisi Duta Pelajar,” tambah Zakiya.

 

Penulis: Husnul Khotimah

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru