• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Peduli Kaum Dluafa, Fatayat NU di Ponorogo Rutin Gelar Sedekah Jumat

Peduli Kaum Dluafa, Fatayat NU di Ponorogo Rutin Gelar Sedekah Jumat
Pemberian sembako kepada dluafa. (Foto: NOJ/HK)
Pemberian sembako kepada dluafa. (Foto: NOJ/HK)

Ponorogo, NU Online Jatim
Sejak kehadiran pandemi Covid-19 banyak terjadi problematika sosial. Salah satunya ialah masalah perekenomian. Banyak masyarakat yang mengeluh bahwa penghasilannya mengalami penurunan. Oleh karena itu perlu adanya inisiatif oleh berbagai pihak untuk mendorong menebarkan uluran tangannya kepada mereka yang membutuhkan.


Seperti yang di lakukan para kader Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) di Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Kecamatan yang berlokasi di ujung timur Kabupaten Ponorogo ini memiliki para kader Fatayat NU yang gemar mengulurkan tangannya kepada orang yang membutuhkan. Kegiatan ini akrab dikenal dengan julukan 'Semat' yakni akronim dari Sedekah Jumat. 


Kegiatan ini berlangsung setiap hari Jumat yang dimulai sejak Covid-19 menjadi wabah pandemi dan berjalan sampai saat ini. Awalnya Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Pulung hanya membagikan nasi bungkus di masjid usai shalat Jumat, kemudian merambah berinisiatif untuk memberikan sembako kepada warga yang membutuhkan.


Acara tersebut menjadi ikon dari Pimpinan Anak Cabang Fatayat Kecamatan Pulung. Pasalnya satu kegiatan ini telah menginspirasi banyak orang terketuk hatinya untuk menyedekahkan hartanya. Para donatur ini berasal dari warga Kecamatan Pulung yang dikoordinir Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU di desanya masing-masing yang sudah terjadwal. Barang yang diberikan beraneka macam mulai dari uang, sembako, dan macam-macam sayuran.


"Setiap Jumat kami membagikan kurang lebih 20 paket sembako ke beberapa dukuh. Sembako ini diberikan kepada para warga yang kurang mampu. Pembagiannya bergilir setiap Jumat di desa yang berada di Kecamatan Pulung," kata Erna Setyaningsih yang menjabat sebagai ketua PAC Fatayat NU Pulung. 


Erna juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini banyak diapresiasi dan mendapatkan perhatian dari warga Kecamatan Pulung. Para donatur bukan hanya dari nahdliyin tetapi juga masyarakat umum yang mempercayakan Fatayat NU Pulung menjadi sarana pentasharufan dana infaq dan shadaqah.


"Adanya shadaqah Jumat ini kami merasakan manfaat untuk organisasi Fatayat NU di Kecamatan Pulung yaitu kami dapat mensyiarkan agama melalui kegiatan sosial yang terbukti semakin banyak para warga yang gabung dengan kami," pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru