• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Matraman

Peduli Sesama, Ansor di Ponorogo Gelar Donor Darah

Peduli Sesama, Ansor di Ponorogo Gelar Donor Darah
Kegiatan donor darah yang diselenggarakan GP Ansor. (Foto: NOJ/LKi)
Kegiatan donor darah yang diselenggarakan GP Ansor. (Foto: NOJ/LKi)

Ponorogo, NU Online Jatim
Berbeda dengan kawasan lain, Hari Santri 2021 di Kecamatan Siman, Ponorogo diisi dengan donor darah. Kegiatan kerja sama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Siman dengan RSU Muslimat Ponorogo dan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Ponorogo ini dilaksanakan pada Senin (25/10).

 

"Kader Ansor harus mampu memahami kebutuhan masyarakat dan juga harus menjadi solusi di tengah masalah yang muncul,” kata Ridwan Mudakir, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Siman.

 

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini menjadi media bagi sukarelawan dalam mentranfusi darah untuk orang lain yang membutuhkan. Sejumlah kader yang memenuhi persyaratan sebagaimana ditetapkan Palang Merah Indonesia atau PMI terlihat memadati lokasi dengan tertib. 

 

Tidak semata donor darah, di tempat lain yakni Kecamatan Babadan, Ansor juga menggandeng RSU Muslimat Ponorogo dengan menyelenggarakan khitan massal pada Ahad (24/10).

 

"Khitanan massal merupakan wujud kepedulian Ansor untuk masyarakat kurang mampu di Kecamatan Babadan,” kata Muhammad Latif Nahrowi, Ketua PAC Ansor Babadan.

 

Demi mempermudah koordinasi, Ansor menggandeng Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah atau FKDT kawasan setempat untuk mendata calon peserta dari puluhan madrasah yang ada.

 

Khitan massal dipusatkan di Madin Al-Fajar Desa Polorejo dengan menggunakan teknologi modern, yaitu sistem ring. Kelebihannya khitan model ini tanpa jahitan sehingga peserta bisa langsung beraktivitas seperti biasa.

 

Penulis: Arisel Wiji Aningrum 


Editor:

Matraman Terbaru