• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Matraman

Pesantren Bahrul Ulum Jombang Minta Santri dari Zona Merah Tunda Balik

Pesantren Bahrul Ulum Jombang Minta Santri dari Zona Merah Tunda Balik
Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. (Foto: Istimewa).
Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. (Foto: Istimewa).

Jombang, NU Online Jatim

Sebagai langkah preventif dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang meminta santri yang berasal dari daerah zona merah atau daerah yang potensi penularan Covid-19 tinggi sementara waktu untuk tidak kembali ke pondok. Sementara, santri berasal dari selain zona merah diwajibkan membawa surat keterangan bebas Covid-19.

 

"Seperti biasa, kita pakai persyaratan standart. Bawa surat hasil negatif rapid Antigen atau negatif GeNose-19,” kata Ketua Yayasan Pesantren Bahrul Ulum, KH Wafiyul Ahdi dilansir IDN Times, Selasa (22/6/2021).

 

Gus Wafi, sapaan akrabnya, menyarankan santri yang berasal dari daerah kategori zona merah untuk tidak kembali dulu ke pondok sampai kondisinya membaik. Berdasarkan data dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur, per Senin (21/6/2021), hanya Kabupaten Bangkalan yang zona merah. Daerah lainnya kategori zona orange dan kuning.

 

"Awal Juli 2021 santri kembali. Kalau daerah zona merah, ada ketentuan sendiri. Bisa ditunda kedatangannya ke pondok sampai kondisi membaik. Tujuannya sebagai antisipasi Covid-19," ujar Gus Wafi.

 

Lebih lanjut, Gus  Wafi mengemukakan, pada ajaran tahun baru ini, ada lebih kurang 3000 santri yang akan ke Pondok pesantren yang didirikan pahlawan nasional KH Abdul Wahab Chasbullah ini. Ribuan santri tersebut berasal dari berbagai daerah di Jatim, mapun luar jatim.

 

"Sekarang santri sudah ada di pondok semua. Hanya santri baru yg belum datang. Sekitar 7 ribuan sudah ada di pondok. Sekitar 3 ribuan santri bersiap ke pesantren," pungkasnya.


Matraman Terbaru