• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Matraman

Santri di Pacitan Diingatkan Pentingnya Doakan Masyayikh

Santri di Pacitan Diingatkan Pentingnya Doakan Masyayikh
Santri Pondok Pesantren Nahdlatussubban Pacitan diingatkan pentingnya mendoakan masyayikh. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Santri Pondok Pesantren Nahdlatussubban Pacitan diingatkan pentingnya mendoakan masyayikh. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim
Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatussubban, KH Abdulloh Sadjad mengingatkan para santri betapa pentingnya mendoakan masyayikh. Penegasan tersebut disampaikan dalam acara haul akbar Syaikh Abdul Qodir Al Jailany, KH Masduki Dja'far, para masyayikh ,dan sesepuh desa. Kegiatan dipusatkan di Masjid Nurul Hidayah kompleks pesantren setempat, Ahad (20/11/2022).


Ia mengatakan, mendoakan masyayikh yang diwujudkan dengan haul diharapkan dapat memberikan suatu keteladanan dalam membimbing dan mengarahkan umat. Selain itu, haul juga sekaligus untuk mengenang dan meneladani kehidupannya dalam menyebarkan agama Islam.


“Mendoakan masyayikh akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Karena dengan demikian kita dapat mengenang atas jasa-jasa baiknya,” katanya.


Dirinya mengajak jamaah untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar para ahli kubur diampuni dosanya. Hal tersebut dengan harapan para ulama yang telah berjuang dalam menyebarkan agama agar selalu diberkahi dan diridhai oleh Allah SWT.


“Semoga senantiasa para ahli kubur diampuni dosa dan kekhilafannya, serta diterima amal ibadahnya dan ditempatkan min ahli jannah. Semoga kita para jamaah diberikan hidayah iman dan Islam agar dimudahkan segala urusan, serta diberikan rezeki yang barokah,” imbuhnya.


Diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh Pondok Pesantren Nahdlatussubban. Dengan kegiatan tersebut para santri mengharapkan berkah manakib dan syafaat Nabi Muhammad SAW.


Penulis: Wahyu Eka Darmawan


Matraman Terbaru