• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Matraman

Terima Wakaf Tanah, Ansor Pacitan segera Bangun Kantor 

Terima Wakaf Tanah, Ansor Pacitan segera Bangun Kantor 
Prosesi serah terima tanah wakaf di KUA Donorojo untuk pembangunan Sekretariat Ansor Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul M)
Prosesi serah terima tanah wakaf di KUA Donorojo untuk pembangunan Sekretariat Ansor Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul M)

Pacitan, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pacitan secara resmi menerima sertifikat tanah dari Sukasih, salah satu warga Kecamatan Donorojo. Serah terima dipusatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan setempat, Senin (10/01/2022). 
 

Sejatinya, proses ikrar wakaf tanah sendiri dilaksanakan Senin (06/12/2021) dengan disaksikan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Donorojo di tempat yang sama. Selanjutnya setelah sertifikat resmi tanah diterima, akan dibangun untuk Sekretariat GP Ansor. 
 

"Setelah nanti sertifikat resmi kami terima, rencananya tanah tersebut akan kami fungsikan sebagai lokasi pembangunan kantor Ansor," kata Yoga, Sekretaris PAC GP Ansor Donorojo kepada NU Online Jatim.
 

Dijelaskan, lokasi tanah wakaf tersebut cukup strategis. Karena berdampingan dengan Menara dan Gedung NU Donorojo.
 

Pembangunan Sekretariat Ansor ini  merupakan keinginan dari KH Umar Syahid atau Mbah Umar Tumbu. Sosoknya dikenal sebagai tokoh NU yang banyak berkiprah untuk Kabupaten Pacitan.
 

Ketua pelaksana pembangunan sekretariat, Imam Syarifudin mengatakan, sebelum wafat  pada 2017 silam, Mbah Umar berpesan agar didirikan kantor Ansor di samping menara dan gedung NU di kecamatan setempat.
 

"Kene iki sing urung enek kantore Ansor, gawekno neng kene ben regeng (Di  sini yang belum ada itu kantornya Ansor, dirikan di sini agar tambah ramai)," ujarnya menirukan ucapan Mbah Umar.
 

Meski diakuinya bahwa merealisasikan pembangunan kantor bukanlah hal mudah. Namun demikian, ia akan berusaha maksimal untuk melaksanakan wasiat tersebut.
 

"Kami sebagai panitia pembangunan akan berusaha semaksimal mungkin untuk merealisasikan pembangunan kantor ini, karena ini wasiat," terang Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Pacitan ini.
 

Sebagai bentuk ikhtiar, dirinya mengajak sejumlah kalangan untuk turut memikirkan pendirian bangunan. Karena itu sejumlah kalangan didekati dan diajak merealisasikan sekretariat yang diharapkan.
 

"Maka dari itu, kami melibatkan berbagai pihak. Tentunya, kami membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapa pun yang ingin berkontribusi dalam merealisasikan pembangunan kantor Ansor ini," pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru