• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Desember 2023

Metropolis

Alhamdulillah, Prodi PAI IAI Uluwiyah Mojokerto Raih Akreditasi Unggul

Alhamdulillah, Prodi PAI IAI Uluwiyah Mojokerto Raih Akreditasi Unggul
Rektor IAI Uluwiyah Mojokerto, Hj Nining Khurrotul Aini. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Rektor IAI Uluwiyah Mojokerto, Hj Nining Khurrotul Aini. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Mojokerto, NU Online Jatim

Institut Agama Islam (IAI) Uluwiyah Mojokerto berhasil mendapatkan akreditasi Akreditasi Unggul untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI). Sebelumnya, kampus yang dinanungi Pondok Pesantren Pendidikan Uluwiyah ini juga telah mendapat Surat Keputusan (SK) Izin Operasional Prodi Manajemen.


“Alhamdulillah atas segenap kerja keras sivitas akademika pada Rabu (13/09/2023) kemarin Prodi PAI berhasil mendapat akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik),” kata Rektor IAI Uluwiyah, Hj Nining Khurrotul Aini kepada NU Online Jatim melalui sambungan WhatsApp, Ahad (17/09/2023).


Atas torehan prestasi tersebut, IAI Uluwiyah Mojokerto menjadi satu-satunya kampus di Kabupaten Mojokerto yang memiliki Prodi PAI dengan akreditasi unggul. Hal tersebut menjadi pemacu segenap jajaran sivitas akademika untuk lebih semangat dalam melahirkan guru agama Islam yang mempunyai kapabilitas yang mumpuni.


“Kami terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dengan tetap menjaga kultur kepesantrenan. Karena IAI Uluwiyah lahir dari pesantren maka memiliki tanggung jawab untuk mencetak guru-guru PAI yang berkualitas dan punya akidah Ahlusunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang kuat,” terangnya.


Dengan status akreditasi unggul, Prodi PAI Uluwiyah Mojokerto statusnya saat ini sama dengan Prodi PAI yang ada di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia. Hal tersebut juga menjadi bukti pesantren mampu mewujudkan pendidikan yang berkualitas.


“Ada asumsi pesantren atau orang NU tidak bisa membuat kampus yang maju. Ini harus kita bantah, bahwa pesantren mampu menciptakan kampus modern yang berkualitas,” jelasnya.


Perempuan yang juga berkhidmat di Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Mojokerto itu lantas memberi semangat kepada segenap sivitas akademika untuk terus memberikan pengabdian terbaik di IAI Uluwiyah Mojokerto.


Disebutkan, jika saat ini Prodi PAI sudah berhasil mendapat akreditasi unggul, maka ke depan Prodi lain diharapkan juga akan mendapat akreditasi unggul.


“Kami yakin ke depan Prodi yang ada di IAI Uluwiyah Mojokerto akan mendapat akreditasi anggul,” tandasnya.


Metropolis Terbaru