• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Pendidikan

Unisma Jadi PTNU Pertama Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Unisma Jadi PTNU Pertama Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT
Sertifikat akreditasi unggul dari BAN-PT untuk kampus Unisma. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Sertifikat akreditasi unggul dari BAN-PT untuk kampus Unisma. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Universitas Islam Malang (Unisma), pasalnya kampus bertagline 'Dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia' ini resmi meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT).


Predikat itu tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No.1753/SK/BAN-PT/Ak/PT/X/2022. Predikat tersebut merupakan pencapaian tertinggi dari sistem akreditasi perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria BAN-PT. Ketetapan ini berlaku 25 Oktober 2022 sampai dengan 25 Oktober 2027.


Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri mengatakan, pencapaian akreditasi di tingkat institusi ini merupakan karya nyata dari seluruh elemen yang ada di kampus Unisma. Unisma dinyatakan unggul dari predikat institusi.


“Perjalanan sejarah yang cukup panjang untuk mewujudkan akreditasi institusi unggul di usia ke-41 tahun," katanya saat konferensi pers secara virtual, Rabu (26/10/2022).


Dijelaskan, pencapaian ini dapat memperkuat kredibilitas Unisma sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik khususnya di kalangan Nahdlatul Ulama. "Saya yakin ini adalah pecah telur untuk Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) mendapatkan akreditasi unggul secara institusi dengan skor 368," terangnya.


Prof Maskuri juga memaparkan, pencapaian yang diraih tersebut tentunya tidak diraih dengan mudah. Dalam meraih capaian tersebut, diperlukan berbagai macam upaya dan lompatan strategis dengan memantapkan visi-misi sebagai perguruan tinggi unggul bertaraf Internasional. Maju dalam bidang Iptek maupun budidaya didasari dengan nilai etik, akhlak dan ahlusunah wal jamaah.


“Ini menjadi kunci penting bahwa kita telah meletakkan dasar-dasar pijakan pengembangan kampus Unisma," jelasnya.


Menurutnya, dari sisi pembelajaran Unisma tidak lagi bermuara pada transfer of knowledge, tetapi sudah outcome based education. Dengan begitu, yang sekarang dibangun dengan melalui research and development. Tak hanya melibatkan dosen tapi juga melibatkan mahasiswa. Baik pada tingkat Nasional maupun juga Internasional. Unisma juga telah melakukan kemitraan dengan perguruan tinggi luar negeri, berbagai dunia usaha dan dunia industri.


“Termasuk juga antar perguruan tinggi dengan melakukan transfer kredit yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam melejitkan Unisma. Selain itu, Prodi di Unisma juga banyak yang unggul," paparnya.


Sementara itu, Wakil Rektor IV Unisma, Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati menambahkan, akreditasi institusi untuk perguruan tinggi dilaksanakan oleh BAN-PT. Sedangkan, akreditasi Prodi dilaksanakan oleh lembaga akreditasi mandiri.


"Untuk menjadi peringkat unggul BAN PT mensyaratkan empat hal. Antara lain tentang sistem penjaminan mutu, dimana ada ketersediaan dokumen formal Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Selanjutnya, SPMI harus efektif di dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu," tambahnya.


Pendidikan Terbaru