• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Metropolis

Alumni Tebuireng Dirikan BMT untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat

Alumni Tebuireng Dirikan BMT untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat
Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz (kanan). (Foto: NOJ/Alvin)
Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz (kanan). (Foto: NOJ/Alvin)

Jombang, NU Online Jatim

Ikatan Keluarga Alumni Forum Diskusi Santri Salaf (IKA-Fordisaf) Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mendirikan sebuah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Mal wat Tamwil (BMT). Sebuah BMT yang ke depan bertujuan untuk memberdayakan ekonomi umat, khususnya alumni Tebuireng. BMT tersebut dinamai KSPPS BMT Fordisaf Tebuireng Indonesia (BMT Forti).

 

BMT tersebut secara resmi telah didukung penuh oleh Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz. Gus Kikin, sapaan akrabnya memberikan dukungan penuh pada acara silaturahim pengawas, pengurus, dan pengelola BMT Forti pada Sabtu (13/12/2020) di Aula Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang.

 

"Saya atas nama pengasuh mendukung dan mengapresiasi atas berdirinya BMT Forti ini. Semoga ke depan BMT Forti bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya para alumni Tebuireng Jombang," katanya.

 

Gus Kikin menambahkan, bahwa BMT adalah hasil karya alumni yang luar biasa.

 

"BMT ini adalah sebuah prestasi yang dicapai alumni, dan tentunya sarana untuk memperkokoh ukhuwah antar alumni. Saya berharap semua alumni bisa bergabung menjadi anggota BMT ini," tambahnya.

 

Senada dengan itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Tebuireng Jombang (PP-Ikapete), H Lukman Hakim juga turut mendukung penuh dan mengapresiasi atas didirikannya BMT Forti ini.

 

“Saya atas nama Ikatan Alumni Tebuireng mendukung penuh atas didirikannya BMT ini. Dan kami siap bekerja sama untuk pengembangan BMT ini. Semoga BMT ini bisa langsung berjalan dengan lancar dan sukses kedepan," ujarnya

.

Selain itu, Direktur Utama KPPS BMT Forti, Agus Santoso mengatakan BMT ini ke depan akan menjaring seluruh masyarakat luas, khususnya para alumni Tebuireng. Semua alumni Tebuireng akan diupayakan untuk menjadi anggota BMT ini.

 

"BMT ini kita mulai dengan sistem virtual office. Jadi anggota BMT bisa mengirim kas secara transfer. Ke depan anggota kita menyasar ke seluruh alumni Tebuireng khususnya dan masyarakat luas. Sehingga perkembangan BMT semakin cepat,” terangnya.

 

 

Penulis: M Alvin Jauhari

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru