• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Bahas ‘Megengan’, Guru NU di Sidoarjo Juara Menulis Artikel Nasional

Bahas ‘Megengan’, Guru NU di Sidoarjo Juara Menulis Artikel Nasional
Laili Abidah (kanan) saat di acara Podcast Kai Nurcholis Misbah . (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Laili Abidah (kanan) saat di acara Podcast Kai Nurcholis Misbah . (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Laili Abidah, ustadzah Madrasah Aliyah (MA) Bilingual Pesantren Modern Al Amanah Junwangi Krian Sidoarjo berhasil menyabet juara pertama lomba penulisan artikel dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021. Kompetisi tersebut diadakan  oleh Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.

 

Ajang ini menentukan delapan tema tulisan untuk ditulis para peserta. Delapan tema itu adalah: Islam Nusantara, Fiqh Nusantara, Pendidikan Nusantara, Ekonomi Nusantara, Tasawuf Nusantara, Sejarah Islam Nusantara, dan tema yang relevan dengan  kajian Islam Nusantara.

 

Dalam event ini, putri dari almarhum Abu Hasan dan Ibu Supiyati ini mengambil tema ‘Budaya Nusantara’ dengan judul artikel ‘The Wonderful of Megengan’ .

 

“Alhamdulillah tidak meyangka saya mendapat juara satu. Karena ternyata pesertanya juga memiliki kompetensi yang sangat baik,” ucap Laili Abidah yang merupakan guru bahasa Inggris itu kepada NU Online Jatim, Selasa (02/11).

 

Menurut ibu tiga anak ini, untuk peserta yang mendapat juara dua adalah Muhammad Nur Fauzi Dosen IAI Darussalam Banyuwangi dengan judul paradigma pemikiran Islam Nusantara,  dan juara ketiga adalah Khoirotul Ni’amah dengan judul tema Pesantren, Santri dan Agensi. Sedangkan pengumuman juara sudah dilakukan pada tanggal  28 Okober 2021 lalu.

 

Istri dari Fikri Hamdani tersebut mendapat hadiah uang sebesar Rp. 1.000.000, piala, sertifikat, dan publikasi karya dalam bentuk buku. Atas prestasinya ini, Laili juga mendapat hadiah khusus dari sekolah berupa uang pembinaan.

 

“Alhamdullah dari keluarga juga dapat ucapan selamat dan dari suami dapat hadiah jam tangan,” ucap perempuan kelahiran 10 Mei 1985 tersebut.

 

Bagi Laili, dirinya semakin bangga karena mendapat apresiasi dari pengasuh Pesantren Modern Al Amanah Junwangi Krian, KH Nurcholis Misbah. Atas prestasinya tersebut ia diajak oleh Kiai kelahiran Kediri itu menjadi bintang tamu podcast di Channel Youtube Santri Kita. Dalam Podcast ini Kiai Misbah mewawancarainya langsung seputar literasi.

 

 

Sebagai informasi, Laili adalah alumni Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU). Ia aktif dari 2003 hingga 2010 menjadi Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU Krian dan pengurs Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Sidorjo. 


Editor:

Metropolis Terbaru