• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Banom dan Lembaga NU di Sidoarjo Gelar Pelatihan Khatib dan Shalat

Banom dan Lembaga NU di Sidoarjo Gelar Pelatihan Khatib dan Shalat
Logo NU. (Foto: NOJ/ nu.or.id)
Logo NU. (Foto: NOJ/ nu.or.id)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Di tengah hiruk pikuk masalah radikalisme, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor (Ansor) Candi, Sidoarjo tetap konsisten untuk berkhidmad kepada umat dengan menyelenggarakan Pelatihan Khatib dan Shalat Ala Rasulullah.

 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu berlangsung di Aula Masjid Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Minggir, Candi, Sidoarjo. Menghadirkan pemateri dari Pengurus Pusat (PP) Lembaga Takmir Masjid (LTM), KH M Sholeh Qosim. Kegiatan ini berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

 

"Peserta yang hadir adalah orang-orang pilihan Allah yang mendapat keutamaan belajar hal yang dapat meningkatkan kualitas shalat dan pendekatan diri kepada Allah," kata narasumber pemegang gelar doktor bidang perwakafan aset NU itu memberikan motivasi kepada para peserta.

 

M Habibi, ketua pelaksana kegiatan tersebut menyampaikan kepada bahwa peserta berasal dari unsur ta'mir masjid, badan otonom dan lembaga NU, serta masyarakat umum.

 

"Pada hari pertama, peserta dilatih untuk menyempurnakan gerakan shalat, bacaan shalat dengan tartil, dan praktik yang dipandu oleh narasumber dan tim instruktur. Sesekali tim narasumber memberikan contoh posisi gerakan shalat dan memberikan evaluasi kepada peserta," jelasnya.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan menjadi khatib dan imam shalat Jum'at. Hal ini sebagai upaya konkrit Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Candi dalam syiar dakwah melihat kondisi di masyarakat yang sering kali kekurangan khatib yang mampu dan berasal dari warga setempat.

 

"Kami berharap agar kegiatan ini mampu menjalin silaturahim jamaah se-Candi dalam upaya mencetak kader khatib yang mampu menggugah semangat beribadah dengan konten yang menyentuh realistas masyarakat di sekitar Candi," pungkasnya pada NU Online Jatim pada Kamis (01/04/2021).

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru