• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Metropolis

Bentuk Jiwa Kepemimpinan, Pelajar NU di Sidoarjo Gelar Diklatama

Bentuk Jiwa Kepemimpinan, Pelajar NU di Sidoarjo Gelar Diklatama
Suasana Diklatama yang digelar oleh PAC IPNU-IPPNU Taman di Balai Desa Krembangan, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (26/12/2021). (Foto: NOJ/LYR)
Suasana Diklatama yang digelar oleh PAC IPNU-IPPNU Taman di Balai Desa Krembangan, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (26/12/2021). (Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo menggelar Pendidikan Latihan Pertama (Diklatama) III.

 

Agenda tersebut diikuti oleh perwakilan peserta dari setiap ranting, pimpinan komisariat di wilayah Kecamatan Taman, Kepala Desa (Kades) Krembangan, Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Krembangan, dan tamu undangan lainnya.

 

Ketua pelaksana Diklatama, Firgiawan Firdani mengatakan, pelatihan kaderisasi tersebut berlangsung selama tiga hari mulai hari Jum’at-Sabtu (24-26/12/2021). Kegiatan yang diikuti 25 peserta itu dipusatkan di Balai Desa Krembangan, Kecamatan Taman.

 

“Diklatama merupakan bagian dari program kerja Departemen Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP), serta sebagai jenjang kaderisasi pertama dalam CBP-KPP. Diklatama sendiri merupakan agenda rutin dari PAC IPNU-IPPNU Taman di setiap periode kepengurusan,” katanya, Ahad (26/12/2021).

 

Lebih lanjut, Firgiawan menjelaskan, bahwa CBP-KPP adalah sebuah lembaga semi otonom yang berada di bawah naungan IPNU-IPPNU. Fungsi dari CBP-KPP sebagai garda terdepan IPNU-IPPNU, selain itu juga bertugas untuk mengiringi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh IPNU-IPPNU mulai dari tingkatan ranting hingga pusat.

 

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat, membangun watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian sosial manusia, menambah wawasan kebangsaan dan memahami ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan dan kedisiplinan peserta,” jelasnya.

 

Senada dengan itu, Ketua PAC IPNU Taman, Achmad Nailur Rizky menegaskan, melalui kegiatan ini diharapkan penyebaran kader CBP-KPP bisa merata di seluruh wilayah Kecamatan Taman. Yang tak kalah penting, Diklatama ini bisa menjadi ajang untuk mencetak kader-kader yang siap memimpin di setiap ranting.

 

“Dalam kegiatan diklatama ini, peserta diberikan materi tentang kepemimpinan dan kerja sama tim, kita juga bergerak di bidang sosial dan kealaman. Jadi disini kami juga menekankan bahwasannya di IPNU-IPPNU harus ada kader yang paham tentang kegiatan alam, keamanan, pertolongan pertama, dan sebagainya,” tegasnya kepada NU Online Jatim.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru