• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Metropolis

BKNU Sidoarjo Kembangkan Program Kerja Berbasis Data Spasial

BKNU Sidoarjo Kembangkan Program Kerja Berbasis Data Spasial
Pengurus BKNU Kabupaten Sidoarjo menggelar "Ngaji Maritim" di Kantor PCNU setempat, Kamis (17/03/2022).(Foto: NOJ/Yuli Riyanto).
Pengurus BKNU Kabupaten Sidoarjo menggelar "Ngaji Maritim" di Kantor PCNU setempat, Kamis (17/03/2022).(Foto: NOJ/Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU) Kabupaten Sidoarjo dalam menjalankan program kerja kemaritiman di Sidoarjo akan dilakukan dengan berbasis data spasial. Hal itu disampaikan oleh Ketua BKNU Sidoarjo Badrus Zaman, dalam acara “Ngaji Maritim” yang dipusatkan di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Kamis (17/03/2022) malam.


Menurut Badrus Zaman, data spasial merupakan data yang bereferensi keruangan. Menurutnya, dengan ini diharapkan bisa memacu kinerja BKNU Sidoarjo dalam mencapai tujuan organisasi.


“Adapun sasaran dan kemanfaatan program kerja ini ialah jamaah dan jamiyah Nahdlatul Ulama (NU) di 29 desa pada tujuh kecamatan di kawasan kemaritiman Sidoarjo. Yang di dalamnya juga terdapat budi daya ikan atau tambak,” katanya kepada NU Online Jatim.


Lebih lanjut, Badrus menegaskan, basis data spasial ini merupakan implementasi dari pendekatan teknokratis dan transformasi digital pada program NU, khususnya BKNU Sidoarjo. Mengingat, potensi kemaritiman Sidoarjo dan lokasi strategis posisi Sidoarjo akan bisa tergambarkan lebih optimal dan mudah dikembangkan bila berbasis data spasial ini.


“Bahkan, intervensi sosial, ekonomi, pembangunan infrastruktur, konservasi lingkungan, hingga mitigasi bencana akan jauh lebih efisien dilakukan,” tegasnya.


Dirinya berharap, program kerja yang dilakukan BKNU Sidoarjo ini dapat memberikan dampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat yang berada di kawasan kemaritiman Sidoarjo, khususnya untuk jamaah serta jamiyah NU.


Sementara Wakil Ketua BKNU Sidoarjo, Moh Sofwan memaparkan tentang ruang lingkup data base spasial, proses dan pemanfaatannya pada kawasan kemaritiman Sidoarjo. Disebutkan, data spasial kemaritiman ini nanti akan menggunakan platform Sistem Informasi Geografis (SIG).


“Ribuan data atau informasi tematik bisa dimasukkan secara digital dan diolah, serta di visualisasikan secara user friendly. Bahkan, dengan menggunakan pencitraan jarak jauh ini, sejarah kawasan bisa diidentifikasi secara tepat dan cepat,” papar dosen Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya ini.
 


Sebagai informasi, acara “Ngaji Maritim” BKNU Sidoarjo tersebut dihadiri segenap pengurus BKNU Sidoarjo. Tampak hadir pula Wakil Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Hayat dan Wakil Sekretaris PCNU Sidoarjo Dodi Dyauddin.


Metropolis Terbaru