• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Metropolis

Tingkatkan Manajemen Organisasi, LAZISNU di Sidoarjo Gelar Rakor

Tingkatkan Manajemen Organisasi, LAZISNU di Sidoarjo Gelar Rakor
Rapat Koordinasi NU Care-LAZISNU Kecamatan Waru, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Rapat Koordinasi NU Care-LAZISNU Kecamatan Waru, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS)  Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdhatul Ulama (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Waru, Sidoarjo mengadakan rapat koordinasi, Ahad (13/03/2022). Agenda itu sebagai upaya dalam meningkatkan manajemen organisasi.


Kegiatan yang dipusatkan di kantor MWCNU setempat dihadiri sejumlah kalangan. Di antaranya, Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo, pengurus UPZIS LAZISNU MWCNU Waru, serta Ketua dan Sekretaris UPZIS LAZISNU Ranting se-Kecamatan Waru.


Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua PCNU Sidoarjo H Zainal Hayat berharap, pengurus UPZIS LAZISNU bisa mengoptimalkan kinerjanya. Hal tersebut agar perolehan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) di masing-masing ranting bisa meningkat.


“Misalnya dengan cara menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) dan perusahaan yang terdapat di setiap ranting,” tuturnya.


Hal senada disampaikan Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo, Abdul Mujib. Ia menekankan bahwa penguatan manajemen dan laporan keuangan secara seragam sangat penting. Dirinya pun berpesan kepada semua pengurus untuk melakukan sinergi yang baik dalam penguatan manajemen dan laporan keuangan agar lebih optimal.


“Mengingat LAZISNU di Sidoarjo merupakan barometer LAZISNU di Jawa Timur. Sebagai amil diharapkan semua pengurus LAZISNU harus lebih proaktif dan memahami tupoksinya agar perolehan ZIS-nya bisa optimal,” tegasnya.


Sementara Ketua UPZIS LAZISNU MWCNU Waru, H Thoyyib Hasan mengajak semua pengurus UPZIS LAZISNU di semua tingkatan agar bersama-sama menghidupkan gerakan sosial ekonomi NU.


“Sehingga keberadaan NU bisa dirasakan kemaslahatannnya oleh masyarakat luas, khususnya bagi Nahdliyin di Kecamatan Waru,” tandasnya.


Dijelaskannya, dari 28 UPZIS LAZISNU Ranting yang ada di Kecamatan Waru, baru 15 ranting yang memiliki Surat Keputusan (SK) operasional. Oleh karenanya, UPZIS LAZISNU MWCNU Waru mendorong semua  LAZISNU ranting yang belum ber-SK untuk segera mengurusnya.
 


“Bagi Ranting yang belum ada SK kepengurusan, mohon segera diurus agar kami segera memproses,” tandasnya.


Metropolis Terbaru