• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

JHQ Mojokerto Bekali Anggota Manajemen Organisasi dan Administrasi

JHQ Mojokerto Bekali Anggota Manajemen Organisasi dan Administrasi
Pembukaan pelatihan manajemen organisasi dan administrasi kesekretariatan JHQ se-Kabupaten dan Kota Mojokerto. (Foto: NOJ/Yulia NH).
Pembukaan pelatihan manajemen organisasi dan administrasi kesekretariatan JHQ se-Kabupaten dan Kota Mojokerto. (Foto: NOJ/Yulia NH).

Mojokerto, NU Online Jatim

Pengurus Jam'iyyah Hamalatil Qur'an (JHQ) Mojokerto menggelar pelatihan manajemen organisasi dan adminsitrasi kesekretarian se-Kabupaten dan Kota Mojokerto. Pelatihan digelar di Komplek Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Jalan Raya Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Kamis (03/03/2022).


Pelatihan ini mendatangkan dua narasumber, yakni Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mojokerto, Agus Tiono dan Ketua 1 JHQ Mojokerto, Zainul Asrori.


Ketua Umum JHQ Mojokerto Fatih Masrur mengatakan, Mojokerto merupakan gudangnya para penghafal Al-Qur’an. Jumlah anggota JHQ tidak kurang dari 1430 orang. Tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, pihaknya berupaya memberdayakan para penghafal Al-Qur'an melalui organisi JHQ.


"Kita ingin merekatkan tali silaturahim antar sesama Hamalatil Qur’an, bersama-sama menjaga hafalan Al-Qur’an dan berjuang membumikan pesan-pesan suci Al-Qur’an di masyarakat agar Indonesia, terutama Mojokerto ini, semakin berkah," katanya.


Gus Fatih menjelaskan, pelatihan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan organisasi bagi pengurus JHQ agar visi dan misi, serta program-program kerja organisasi dapat terlaksana dengan baik.


“Pengurus dan anggota JHQ di setiap kecamatan adalah ujung tombak kami. Karena mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Makanya, mereka harus dibekali keahlian agar mumpuni," jelasnya.


Selain itu, Gus Fatih merencanakan akan menggelar JHQ Award setiap dua tahun sekali. Hal ini dilakukan guna memotivasi dan mengukur kinerja pengurus JHQ di tingkat kecamatan. "Hari ini kita sosialisasikan program tersebut kepada seluruh pengurus," ungkap Gus Fatih.


Pihaknya juga mendorong usaha ekonomi anggota dengan memfasilitasi media promosi yang diluncurkan saat itu juga. Ia berharap, media promosi tersebut dapat berkembang dan melahirkan mitra-mitra kerja baru di luar JHQ.
 


"Hari ini kita juga melakukan peluncuran media promosi usaha ekonomi anggota. Meskipun bentuknya sederhana dan skalanya kecil, kami berharap upaya ini memberi manfaat bagi anggota JHQ. Syukur-syukur, bila nanti ada mitra atau pihak-pihak yang berkenan menjalin kerja sama," pungkasnya.


Metropolis Terbaru