• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Jaga Kekompakan, Banser di Mojokerto Bakal Gelar Latihan Bersama

Jaga Kekompakan, Banser di Mojokerto Bakal Gelar Latihan Bersama
Flyer Latihan Bersama Banser Mojosari Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/ Yulia Novita Hanum)
Flyer Latihan Bersama Banser Mojosari Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/ Yulia Novita Hanum)

Mojokerto, NU Online Jatim

Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto akan menggelar Latihan Bareng (Latber) dan Wisata pada Sabtu-Ahad (19-20/02/2022) mendatang. Kegiatan bertema ‘Guyub-Rukun dalam Satu Komando’ rencananya akan dipusatkan di Bumi Perkemahan Fortuna Pacet, Mojokerto.

 

“Latber ini merupakan Program Kerja (Proker) dari kami. Tema tersebut juga sangat cocok bagi kami karena kebersamaan kami dan tetap satu komando dalam memutuskan suatu keputusan,” kata Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Mojosari, Imam Khoderi, Jum’at (11/02/2022).

 

Imam menjelaskan, kegiatan tersebut diwajibkan bagi seluruh anggota Banser Kecamatan Mojosari, baik yang sudah mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) maupun yang belum Diklatsar.

 

“Kami juga membuka peluang lebar-lebar untuk teman-teman Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mojosari apabila mau mengikuti Latber juga,” jelasnya.

 

Dijelaskan Imam, bahwa materi dalam Latber tersebut nantinya meliputi ke-Ansor-an dan ke-Banser-an, ngaji Peraturan Organisasi (PO), Peratuan Baris Berbaris (PBB) dan TUB, pengamanan kiai, peraturan lalu lintas, dan Penanggulangan Pesien Gawat Darurat (PPGD).

 

“Kami ambil materi tersebut agar semua dapat memahami lebih dalam tugas pokok dan fungsi sebagai anggota Ansor dan Banser,” ucapnya.

 

Merespons hal itu, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Mojosari Samsul Ma’arif mengungkapkan, Latber ini bertujuan untuk membangun penyamaan persepsi terkait peran dan fungsi masing-masing personil Banser. Baik itu peran taktis di kesatuan maupun peran umum sebagai kader.

 

“Proses ini tidak hanya untuk meningkatkan kecakapan pasukan, namun juga bertambahnya wawasan organisasi. Dan yang paling utama untuk mempererat kekompakan semua personil untuk bersama-sama membangun visi dalam satu keluarga besar PAC GP Ansor Kecamatan Mojosari,” tandasnya.


Metropolis Terbaru