• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Matraman

Gubernur Khofifah Serahkan Zakat Produktif di Mojokerto

Gubernur Khofifah Serahkan Zakat Produktif di Mojokerto
Gubernur Jatim saat menyerahkan zakat produktif di Mojokerto. (Foto: NOJ/Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim saat menyerahkan zakat produktif di Mojokerto. (Foto: NOJ/Humas Pemprov Jatim)

Mojokerto, NU Online Jatim

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, membagikan zakat produktif senilai Rp500 ribu bagi masing-masing 250 pelaku usaha ultra mikro di Mojokerto. Program Baznas Jatim tersebut digulirkan guna mendorong pelaku usaha ultra mikro untuk semakin mengembangkan usahanya tanpa berurusan dengan pinjol ilegal maupun rentenir atau bank thitil.
 

Selain menyalurkan zakat produktif, Khofifah juga menyerahkan bantuan sembako yang berisi antara lain minyak goreng, beras, mie goreng, sarden, dan gula putih.
 

"Mugi semua yang hadir badannya sehat, usahanya lancar nggeh. Zakat produktif ini sebagai Jimat panjenengan agar rizkinya di luaskan dan menjadi barokah dan dirahmati Allah SWT sebagai modal usaha. Semoga bapak ibu diberi kekuatan modal  lebih besat untuk dapat berjualan dan berdagang," ungkapnya dalam keterangan tertulis diterima Rabu (23/02/2022).
 

"Kami sangat berharap, bagi yang berjualan sayur, cilok, pentol, sate, gorengan maupun usaha lainnya jangan sampai meminjam ke pinjol ilegal atau rentenir dengan iming-iming mudah dan bunga rendah," tambah dia.
 

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga melakukan peninjauan operasi pasar minyak goreng murah. Masyarakat cukup menunjukkan KTP untuk bisa membeli minyak goreng seharga Rp25 ribu kemasan dua liter. Pemprov Jatim menyiapkan sebanyak 4000 liter minyak goreng.
 

Khofifah menyatakan, Pemprov Jatim terus melakukan operasi minyak goreng murah agar harga di pasaran stabil. Dalam waktu dekat, lanjut Khofifah, tangki kendaraan yang berisi minyak goreng akan mulai di drop di pasar agar kebutuhan masyarakat terpenuhi dan harga terkendali.
 

Sementara itu, M Albarra, Wakil Bupati Mojokerto, mengatakan, saat ini Pemkab Mojokerto terus berupaya memastikan ketersediaan produk dan menstabilkan harga minyak goreng sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. ​​​​​

Albarra juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim atas gelaran operasi pasar minyak goreng dan pemberian zakat produktif kepada pelaku usaha ultra mikro. "Saya yakin kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan minyak goreng dirasa sangat langka. Juga pelaku usaha yang sangat membutuhkan bantuan modal usaha," ujarnya.


Matraman Terbaru