• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 21 Mei 2022

Madura

Pedagang Terkejut, Gubernur Khofifah Borong Buah Srikaya di Sumenep

Pedagang Terkejut, Gubernur Khofifah Borong Buah Srikaya di Sumenep
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memborong buah srikaya di Pasar Bluto, Sumenep. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memborong buah srikaya di Pasar Bluto, Sumenep. (Foto: Istimewa)

Sumenep, NU Online Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tiba-tiba mengejutkan pedagang buah srikaya di Pasar Bluto, Sumenep, Selasa (18/01/2022). Pasalnya, orang nomor satu di Jawa Timur tersebut memborong buah srikaya yang dijual pedagang sebagai oleh-oleh untuk koleganya di Surabaya.

 

Kedatangan Gubernur Khofifah tersebut dilakukan di sela kunjungannya ke Kabupaten Pamekasan. Saat melakukan transaksi pembelian buah lokal srikaya tersebut ia ditemani Wakil Bupati Sumenep Hj Dewi Khalifah.

 

Khofifah menjelaskan, dirinya tertarik dengan buah srikaya setelah melihat unggahan foto buah Srikaya di jejaring media sosial. Ia pun berniat membelinya, karena buah srikaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

 

“Saya tertarik ke Pasar Srikaya di Bluto setelah ada unggahan foto srikaya yang dipajang pedagang. Nanti buah ini akan saya bawa ke Surabaya sebagai salah satu buah khas Kabupaten Sumenep, khususnya Kecamatan Bluto," ujarnya kepada awak media.

 

Tak hanya memborong buah srikaya, Gubernur Khofifah juga menanyakan banyak hal kepada pedagang terkait buah srikaya. Mulai dari masa panen hingga pangsa pasar buah srikaya.

 

Dijelaskan oleh Khofifah, buah srikaya di Sumenep merupakan hasil panen dari pohon yang ditanam dan tumbuh secara alami di ladang-ladang warga setempat. Bahkan, lanjut Khofifah, buah tersebut bisa hidup di sembarang tempat.

 

“(Buah srikaya) ini harus dikembangkan dan dibudidayakan,” ucap perempuan yang baru ditetapkan sebagai salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2022-2027 ini.

 

Menurut Khofifah, buah srikaya merupakan salah satu buah favoritnya dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya untuk menjaga Kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan lain sebagainya.

 

“Salah satu buah favorit saya punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh lho. Ada kandungan Vitamin C, Vitamin A, Asam Folat, dan sebagainya,” sebut Gubernur Khofifah dalam unggahannya di Instagram @khofifah.ip.

 

Dirinya pun berpesan, bagi seluruh masyarakat yang berkunjung ke Kabupaten Sumenep agar tidak lupa membeli buah srikaya kepada petani lokal sebagai buah tangan.

  

“Bagi netizen yang budiman, kalau ke Sumenep jangan lupa mampir beli buah srikaya sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah,” tandasnya.


Editor:

Madura Terbaru