• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Metropolis

Cetak Pesilat Moderat, Pendekar Pagar Nusa UIN Sunan Ampel Gelar Mastalat

Cetak Pesilat Moderat, Pendekar Pagar Nusa UIN Sunan Ampel Gelar Mastalat
Gelaran Mastalat Pagar Nusa UIN Sunan Ampel. (Foto: NOJ/Hisam)
Gelaran Mastalat Pagar Nusa UIN Sunan Ampel. (Foto: NOJ/Hisam)

Surabaya, NU Online Jatim

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Pagar Nusa UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Masa Ta'aruf Pesilat (Mastalat) tahun ini pada Jumat hingga Ahad (26-28/11/2021) di Balai Diklat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

 

Kegiatan yang bertajuk 'Akulturasi Budaya Pagar Nusa Berintegritas Nusantara' itu diikuti sebanyak 36 peserta. Meski begitu, kegiatan tersebut digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. 

 

Ketua Umum UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Sunan Ampel Surabaya, M Jauhar Ariful Huda mengatakan Mastalat digelar sebagai upaya untuk mengenalkan peserta kepada Pagar Nusa.

 

"Sebagai Banom NU, Pagar Nusa memiliki peran penting untuk mencetak pesilat-pesilat yang berhaluan Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah hingga bisa menjadi pesilat yang moderat," katanya, Ahad (28/11/2021).

 

Menurut Huda, malalui Mastalat para calon pendekar NU tersebut diharapkan dapat menjadi benteng NU dan bangsa serta diharapkan mereka dapat turut ikut meneruskan perjuangan para ulama untuk berkhidmat kepada masyarakat.

 

Senada dengan Ketua Umum Pagar Nusa UINSA, Mohammad Suffi Ulumudin sekalu pelatih berharap ke depan para pendekar mampu mengembangkan keilmuan sebagai bentuk syiar NU di daerahnya masing-masing.

 

"Seluruh peserta yang mengikuti Mastalat ini adalah para mahasiswa. Jadi mereka di gembleng serta di bina dalam kegiatan ini agar kemudian kelak ketika mengabdi untuk melanjutkan perjuangan ulama dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah teruji serta memiliki bekal. Mohon doanya semoga semuanya lancar dan bisa menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.


Metropolis Terbaru