• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Metropolis

Deklarasi Pemuda Penggerak Desa Warnai Pelantikan GP Ansor Sidoarjo

Deklarasi Pemuda Penggerak Desa Warnai Pelantikan GP Ansor Sidoarjo
Pelantikan Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sidoarjo masa khidmat 2020-2024 di Fave Hotel Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Pelantikan Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sidoarjo masa khidmat 2020-2024 di Fave Hotel Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Keterlibatan peran pemuda dalam percepatan pembangunan desa sangat diperlukan. Banyak desa-desa yang maju dan berkembang menjadi mandiri karena penggeraknya adalah kaum muda.

 

Peran itulah yang coba diwujudkan oleh Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sidoarjo dengan menggelar deklarasi ‘Pemuda Penggerak Desa Kabupaten Sidoarjo’ di sela-sela acara pelantikan Pengurus PC GP Ansor Sidoarjo masa khidmat 2020-2024. Kegiatan ini bertempat di Fave Hotel Sidoarjo, Jum’at (02/04/2021).

 

Acara pelantikan yang bertajuk ‘Pemuda Masa Depan Desa, Desa Maju Bangsa Sejahtera’ tersebut dihadiri oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali beserta jajarannya, sejumlah anggota DPRD Sidoarjo, anggota DPRD Jatim, dan anggota DPR RI.

 

Turut hadir pula Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo beserta ketua Lembaga dan Badan otonom (Banom), pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sidoarjo dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), serta tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Ketua PCNU Sidoarjo KH Maskhun menuturkan bahwa PC GP Ansor harus membulatkan tekad menjadi organisasi yang profesional, mandiri, serta Rahmatan lil ‘Alamin. GP Ansor sebagai organisasi kepemudaan dan bentengnya NU, dalam harakahnya adalah melindungi umat, melindungi NKRI, serta melindungi Islam Ahlussunah wal Jama’ah.

 

“Ansor harus mampu dan menjadi garda terdepan dari Jamiyyah Nahdlatul Ulama dalam rangka melayani umat, khususnya dalam melakukan pendampingan terhadap desa,” tutur Kiai Maskhun.

 

Kiai Maskhun mengingatkan kepada seluruh pengurus PC GP Ansor Sidoarjo yang baru saja dilantik, bahwa baiat yang dilaksanakan dihadapan hadirin semua pada hakekatnya adalah janji seluruh pengurus kepada Allah SWT.

 

“Maka jangan sekali-kali berkhianat terhadap apa yang sudah disampaikan dan yang sudah dibaiat. Saya yakin Ansor ini akan menjadi organisasi yang profesional, mandiri, serta Rahmatan lil ‘Alamin. Maka sinergitas akan terbangun dengan Pemkab Sidoarjo, dan Insyaallah ke depan Sidoarjo akan bertambah maju,” tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Sidoarjo H Rizza Ali Faizin mengatakan, di periode kedua kepemimpinannya ini, ia berharap semua kader Ansor-Banser di tingkat bawah tidak hanya bergerak di tingkat kecamatan.

 

“Tapi harus juga bisa bergerak di tingkat ranting atau desa. Mengapa? Karena saya lihat hari ini program dari Menteri Desa cukup relevan sekali dengan sahabat-sahabat Ansor-Banser,” kata H Rizza.

 

Dirinya mengajak kepada semua kader Ansor-Banser Sidoarjo agar tidak baperan dan menjadi penyakit masyarakat, melainkan punya andil di tengah-tengah masyarakat.

 

“PC GP Ansor Sidoarjo siap bersinergi dengan Pemkab Sidoarjo. Terimakasih para Kiai dan senior, semoga empat tahun ke depan Ansor Sidoarjo menjadi lebih baik lagi, lebih bermakna, dan lebih bermanfaat untuk masyarakat khususnya di Kabupaten Sidoarjo,” pungkasnya.

 

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan Rapat Kerja (Raker) di lokasi yang sama dan diikuti oleh seluruh pengurus yang baru dilantik.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru