• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Pantura

Susbalan Banser di Lamongan Diikuti Peserta dari Malaysia

Susbalan Banser di Lamongan Diikuti Peserta dari Malaysia
Penyematan tanda peserta saat pembukaan Susbalan Banser di Lamongan. (Foto: NOJ).
Penyematan tanda peserta saat pembukaan Susbalan Banser di Lamongan. (Foto: NOJ).

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lamongan menggelar Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) II. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Lamongan KH Abdul Rouf, Kamis (01/04/21) siang.

 

Agenda yang dilaksanakan di Yayasan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif SMA 45 Desa Kalen Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan ini akan berlangsung hingga Sabtu (03/04/2021) mendatang.

 

Kegiatan ini diikuti 252 peserta dari utusan Pimpinan Anak Cabang se Kabupaten Lamongan, dan Pimpinan Cabang di Jawa Tmur serta beberapa peserta delegasi dari luar pulau Jawa bahkan ada peserta yang dari Malaysia.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Lamongan, M Masyhur menyampaikan bahwa Susbalan sangat strategis. Sebab, dengan pelatihan dan kursus ini akan menjamin keberlangsungan Banser dan diri pribadi seseorang.

 

“Dengan pelatihan dan kursus ini saudara dibekali untuk mempersiapkan diri dalam rangka menatap masa depan,” ujar Masyhur.

 

Kepada ratusan peserta Susbalan II, ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakat fase kedua kaderisasi formal di tubuh Banser setelah dinyatakan lulus Diklatsar dan menunjukkan keaktifannya selama satu tahun.

 

“Jadi, peserta Susbalan ini kader Banser aktif yang kemudian digembleng dalam fase berikutnya agar betul-betul tumbuh menjadi kader militan. Mereka diseleksi dan mengikuti tahapan screening sehari sebelum dilaksanakan Susbalan ini,” ujar Masyhur.

 

“Pelatihan Susbalan penting dilaksanakan guna membantu meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam menegakkan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah serta mengawal kemerdekaan NKRI,” kata KH Abdul Rouf saat sambutan dalam pembukaan kegiatan.

 

Ia mengingatkan, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan dibutuhkan untuk kepentingan nasional bahkan global. “Sesuai tuntutan nasional dan tantangan global dibutuhkan SDM yang memiliki kompetensi,” lanjutnya.

 

Menurutnya, peran Ansor sangat strategis serta dibutuhkan dalam mencetak generasi yang setia terhadap NKRI.

 

 

“Untuk membentuk SDM yang memiliki kesetiaan pada negara, ketahanan jiwa bela bangsa semangat persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan NKRI, Gerakan Pemuda Ansor mempunyai andil dan peran yang sangat strategis,” pungkas Wabup.


Editor:

Pantura Terbaru