• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Fatayat NU di Sidoarjo Canangkan Program Keumatan, Ini Rinciannya

Fatayat NU di Sidoarjo Canangkan Program Keumatan, Ini Rinciannya
Pelaksanaan Rapat Kerja I oleh PAC Fatayat NU Buduran, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Adriansyah)
Pelaksanaan Rapat Kerja I oleh PAC Fatayat NU Buduran, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Adriansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Buduran, Sidoarjo menggelar Rapat Kerja (Raker) I di Villa Joglo Pacet, Mojokerto, Sabtu-Ahad (13-14/08/2022). Program yang dicanangkan tersebut merupakan bentuk khidmat kepada umat yang akan dilaksanakan selama dua tahun ke depan.


“Raker ini telah menyusun beberapa program dari tujuh bidang garapan. Saya berharap teman-teman dapat menjalankan program-program tersebut dengan baik,” kata Siti Mutoyibah, Ketua PAC Fatayat NU Buduran saat dihubungi NU Online Jatim, Senin (15/08/2022) malam.


Disebutkan, di bidang ekonomi pihaknya akan melaksanakan program pendataan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) yang dimiliki kader Fatayat NU di tingkat Pimpinan Ranting. Selain itu, ada pula sosialisasi Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat halal.


“Juga akan diberikan workshop digital marketing agar kader mampu berjualan online, serta koperasi online via shopee akan dibuat dalam waktu dekat,” ujarnya.


Di bidang kesehatan dan lingkungan hidup, Fatayat NU Buduran akan menggarap tiga program. Yakni, pengadaan bank sampah, pendampingan bank sampah di setiap Pimpinan Ranting, serta sosialisasi dan edukasi stunting ke pondok pesantren.


Sementara itu, program seperti fasilitasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), pembuatan akta kelahiran dan kematian, sosialisasi UU Pilpres dan Pileg akan dikerjakan oleh bidang advokasi  hukum dan politik.


“Bidang dakwah punya program khataman online, pelatihan daiyah kerja sama dengan Lembaga Dakwah MWCNU setemoat, kajian Jum’at dan kajian kitab yang bekerja sama dengan Pengurus Cabang (PC) LAZISNU dan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Sidoarjo,” terangnya.


Dikatakan, bidang sosial seni dan budaya telah mencanangkan program santunan anak yatim, pengadaan qosidah rebana dan menggali dana untuk kantor Graha Nusantara MWCNU Buduran. Sedangkan di bidang organisasi, pendidikan dan pengkaderan, akan menggalakkan Latihan Kader Dasar (LKD) dan pelatihan administrasi.


“Di bidang penelitian dan pengembangan organisasi, kami punya program pendataan data base anggota secara online, serta pelatihan pembuatan flayer dan video,” ucapnya.


“Mohon doanya kepada semua pihak agar program kerja yang telah digodok dapat berjalan dengan lancar, sehingga bermanfaat kepada masyarakat sekitar khususnya Nahdliyin,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru