• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 23 Januari 2022

Matraman

Pergunu Nganjuk Diberi Program Peningkatan Kompetensi Guru

Pergunu Nganjuk Diberi Program Peningkatan Kompetensi Guru
Seminar peningkatan kompetensi guru dalam peluncuran aplikasi gurumerdeka.id. (Foto:NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Seminar peningkatan kompetensi guru dalam peluncuran aplikasi gurumerdeka.id. (Foto:NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Ketua Pengurus Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Nganjuk, Azis Kabul Budiono mendukung upaya meningkatkan kecakapan para pendidik. Salah satunya melalui aplikasi gurumerdeka.id yang diharapkan mampu mengelaborasi kemampuan guru.

 

"Aplikasi tersebut memiliki ragam menu untuk meningkatkan kompetensi guru," ujarnya kepada NU Online Jatim usai peluncuran aplikasi gurumerdeka.id di salah satu hotel di Kabupaten Nganjuk, Rabu (08/12/2021).

 

Azis Kabul menilai, aplikasi dan pelatihan guru ini mempunyai peran penting dalam pendidikan, utamanya bagi guru yang dituntut harus memiliki skill dalam proses pembelajaran yang lebih baik, terlebih saat masih pandemi seperti saat ini.

 

“Nantinya aplikasi yang dibuat PP Pergunu ini juga akan disosialisikan kepada peserta didik dan menjadi program utama bagi Pergunu. Sehingga bisa segera diaplikasikan dalam proses pembelajaran berkelanjutan,” paparnya.

 

Dalam peluncuran aplikasi dan pelatihan ini, para peserta didampingi oleh fasilitator dari daerah. Dan program ini akan berlangsung hingga tahun 2023.

 

“Saya berharap, nanti program ini akan terus berlanjut. Kami selaku pengurus Pergunu Nganjuk berterimakasih kepada Pergunu pusat dan Kemendikbud atas program penggerak ini,” ucapnya.

 

Sementara itu, hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini Praktisi Pendidikan Kabupaten Nganjuk Mohammad Ali Anwar. Dirinya mengapresiasi kegiatan ini dan mengingatkan para guru agar tidak tertinggal dengan dinamika kemajuan teknologi dunia pendidikan.

 

"Kata kunci hari ini para guru tidak boleh ketinggalan kemajuan teknologi," tegasnya.

 

Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk tersebut menjelaskan, sebagai guru professional harus mampu melaksanakan tugas jabatannya secara mempuni baik secara konseptual maupun aplikatif.

 

“Di era digital guru harus menguasai teknologi, terampil membuat media pembelajaran yang menarik, terampil memanfaatkan media sosial dalam kontek pemdidikan, bisa menggunakan search engine untuk mencari materi pembelajaran, mampu menciptakan game based learning, dan terampil berbahasa asing,” pungkasnya.

 

Peluncuran aplikasi itu dilaksanakan secara serentak di sembilan daerah sasaran, antara lain Kabupaten Nganjuk, Batang, Jombang, Lamongan, Mojokerto, Bantul, Tegal dan Tuban.


Matraman Terbaru