• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Metropolis

Gencar Cetak Kader Penulis, LTNNU Sidoarjo Bakal Gelar Madrasah Jurnalistik

Gencar Cetak Kader Penulis, LTNNU Sidoarjo Bakal Gelar Madrasah Jurnalistik
Panitia Madrasah Jurnalistik saat melaksanakan koordinasi persiapan acara. (Foto: NOJ/ Mukhzamilah).
Panitia Madrasah Jurnalistik saat melaksanakan koordinasi persiapan acara. (Foto: NOJ/ Mukhzamilah).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Menyemarakkan semangat literasi di lingkungan nahdliyin, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Sidoarjo akan menggelar ‘Madrasah Jurnalistik NU’ pada Ahad, (14/03/2021) mendatang. Kegiatan ini akan diikuti oleh para kader milenial yang memiliki talenta di bidang kepenulisan. Para peserta dikhususkan bagi utusan dari Majelis Wakil Cabang  (MWC), lembaga, dan Badan Otonom (Banom) NU di Sidoarjo.

 

“Agenda ini merupakan hasil sinergi positif PCNU Sidoarjo dengan Tim Media NU Online Jawa Timur pasca penandatanganan MoU dengan PCNU dalam hal publikasi kegiatan. Kami merasa sangat terbantu dalam proses pengkaderan jurnalis di Sidoarjo melalui kegiatan ini,” ujar M Subhan, Ketua LTNNU Sidoarjo, Selasa (09/03/2021).

 

Peserta ‘Madrasah Jurnalistik NU’ ini akan diberi materi dan dilatih oleh tim instruktur NU Online Jatim. Yakni Syaifullah Pemimpin Redaksi NU Online Jatim, Romza Redaktur Pelaksana NU Online Jatim dan Risma Savhira Redaktur NU Online Jatim. Ketiganya akan berbagi seputar ilmu dasar jurnalistik, fotografi jurnalistik, teknik wawancara atau reportase.

 

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Aula PCNU Sidoarjo dengan diikuti oleh 50 orang peserta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

Lebih lanjut, Subhan, sosok yang merupakan penulis produktif beberapa buku NU itu menyampaikan, amanah yang diemban oleh LTNNU Sidoarjo ada dua hal. Yakni terkait kepenulisan dan publikasi. “Kegiatan kaderisasi kepenulisan ini merupakan kali ketiga dilaksanakan ketika masa kepemimpina kami sejak 2019 lalu,” lanjutnya.

 

Adapun LTNNU Sidoarjo telah melaksanakan beberapa kegiatan pengkaderan penulis. Di antaranya program Diklat Jurnalistik, Pelatihan Jurnalistik Digital dan Madrasah Jurnalistik. Masing-masing kegiatan memiliki target yang berbeda-beda. Ketiga kegiatan ini dilaksanakan dengan sinergi dan kerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZISNU) Sidoarjo.

 

Untuk Diklat Jurnalistik memiliki target mengkader penulis yang mampu berkontribusi dalam mengisi rubrik majalah yang dikelola LAZISNU Sidoarjo. Adapun Pelatihan Jurnalistik Digital diselenggarakan untuk mencetak kader penulis yang mampu mewarnai media sosial yang identik dengan kalangan milenial. Sedangkan Madrasah Digital kali ini bertujuan untuk mencetak jurnalis milenial yang diharapakan mampu aktif mempublikasikan kegiatan NU di Sidoarjo melalui kanal NU Online Jatim.

 

 

Pada kesempatan yang lain, Pembina LTNNU yang juga Katib Syuriah PCNU Sidoarjo dan Wakil Ketua LTM PBNU, KH Sholeh Qosim menyampaikan dukungan serta mendoakan kegiatan ini berjalan lancar sehingga mampu mendatangkan manfaat yang besar bagi jam’iyah.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru