• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

IPNU-IPPNU Sidoarjo Luncurkan Apparel Brand Katalog

IPNU-IPPNU Sidoarjo Luncurkan Apparel Brand Katalog
Avif Fawaid, Founder Dels ID. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Avif Fawaid, Founder Dels ID. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Lembaga Ekonomi (LE) Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sidoarjo meluncurkan apparel brand katalog yang diberi nama Dels id.
 

Peluncuran ini dilaksanakan saat puncak peringatan Harri Lahir (Harlah) ke 68 IPNU dan Harlah ke 67 IPPNU di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo (28/02/2022). Dalam momen tersebut, Del's ID meluncurkan katalog barunya yang berisi koleksi apparel IPNU-IPPNU dengan nilai kreativitas yang tinggi serta filosofi yang menarik.
 

"Del's ID merupakan suatu produk yang unik dan menarik, karena di dalamnya terdapat dua unsur yakni seni dan entrepreneurship. Hal ini tentunya cocok untuk menarik konsumen di tingkat pelajar sebagai langkah awal," ujar Afiv Fawaid, owner Dels ID.
 

Wakil Ketua PC IPNU Sidoarjo yang menaungi Lembaga Ekonomi (LE) ini mengatakan bahwa Del's ID merupakan inovasi dan terobosan baru. Selama ini, Lembaga Ekonomi di IPNU-IPPNU hanya berfokus pada penjualan atribut organisasi saja. 
 

"Untuk itu, kami lakukan inovasi dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan kader. Semoga inovasi baru ini menjadi kontribusi yang berarti dan mampu membawa kita pada kemandirian organisasi," ucap pria yang mahir dalam aransemen musik tersebut.
 

Sementara itu, Ketua PC IPNU Sidoarjo, Hafidz Al Bastomi mengungkapkan bahwa tujuan pengembangan ekonomi ini mencakup diluar dimensi IPNU IPPNU. Ia berharap agar produk-produk yang diproduksi oleh pelajar NU dapat dijangkau oleh semua kalangan pemuda.
 

Tomi menyebutkan bahwa hal ini merupakan pembuktian bagi IPNU-IPPNU Sidoarjo dalam mengusung kemandirian dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam berwirausaha maupun berorganisasi. 
 

“Kemandirian ekonomi, sebagai tulang punggung dalam mengurusi sebuah organisasi agar mandiri secara ekonomi sehinggga tidak lagi mengandalkan dana hibah,” pungkasnya.
 

Lebih lanjut, Ketua PC IPPNU Sidoarjo, Aisyah Nur Afiah menambahkan bahwa pihaknya ingin memaksimalkan peran, fungsi dan tugas dari Lembaga Ekonomi. Ia berharap agar lembaga ekonomi yang memberikan wadah untuk belajar berwirausaha bagi pelajar melalui Dels.id,  sehingga bisa memotivasi dan contoh bagi pelajar ipnu ippnu untuk terus kreatif dan mandiri.
 

“Selama ini, kami hanya melayani penjualan atribut IPNU IPPNU batik, kopiah, kerudung, dan lain-lain. Akan tetapi didalamnya betul-betul dibentuk layaknya perusahaan kecil, di mana harus dikelola oleh kader IPNU IPPNU,” jelas Aisyah.
 

Aisyah menuturkan bahwa sebenarnya awal mula dari Dels.id ini atas dasar inisiasi PC IPNU IPPNU Sidoarjo dengan program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dari Dinas Tenga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo.
 

“Saat itu kami berinisiatif untuk membuka usaha secara mandiri, yaitu dengan mengajukan kerja sama untuk masuk dalam bagian dels republik yang ranahnya di bidang kewirausahaan. Hal itu yang kemudian lahirlah nama Dels.id ini dengan produk sentuhan sebuah seni kalimat itu relate dengan kehidupan kita sekarang,” imbuhnya.
 

 

Alumni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusida) ini berharap agar kader IPNU-IPPNU di Sidoarjo mempunyai passion (perasaan semangat) dalam berwirausaha.
 

“Tidak mudah mewujudkan hal ini, tapi yang bisa kami lakukan adalah berusaha dan mencoba terlebih dahulu. Untuk itu, karya yang kami luncurkan ini tidak main-main, karena penuh dengan konsep dan makna di setiap produknya,” paparnya.


Editor:

Metropolis Terbaru