• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Metropolis

Jelang Satu Abad, NU Jatim Masifkan Program Pelayanan Kesehatan

Jelang Satu Abad, NU Jatim Masifkan Program Pelayanan Kesehatan
KH Abdussalam Shohib, Wakil Ketua PWNU Jatim. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)
KH Abdussalam Shohib, Wakil Ketua PWNU Jatim. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim menyusun program yang berorientasi pada pelayanan umat menjelang satu abad NU. Salah satunya adalah pelayanan di sektor kesehatan. Hal tersebut disampaikan KH Abdussalam Shohib, Wakil Ketua PWNU Jatim pada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Kesehatan, Rabu (02/03/2022).


“NU harus memaksimalkan lagi orientasinya dalam pelayanan umat, dan salah satu yang strategis adalah keberadaan fasilitas kesehatan (faskes),” ujarnya Gus Salam.


Ia menyebutkan, bahwa keberadaan faskes itu sangat penting apalagi ketika bangsa Indonesia dan dunia mengalami pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. “Maka kita menyadari pentingnya faskes milik sendiri sehingga lebih maksimal dan optimal dalam melayani masyarakat,” katanya.


Menurut Gus Salam, pendirian faskes milik NU sangat potensial. Sebab, selain dapat melakukan pelayanan kesehatan juga dapat dijadikan sebagai ajang dakwah.


“Keberadaan faskes ini sangat potensial karena dengan melakukan pelayanan kesehatan kita juga sekaligus berdakwah. Kita tahu bahwa dakwah dengan cara memberikan pelayanan jauh lebih menyentuh dari pada hanya narasi-narasi keagamaan,” terangnya.


Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang itu mengungkapkan, bahwa FGD tersebut merumuskan beberapa poin dalam rangka menunjang pendirian faskes NU tersebut.


Menurutnya, salah satu poin yang dirumuskan ialah adanya panduan teknis kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) yang hendak mendirikan rumah sakit atau faskes lainnya.
 


“Selain itu, kita akan mengusulkan kepada PWNU Jatim untuk membuat Ad Hoc yang fokus untuk mengawal berdirinya faskes di lingkungan NU. Serta, ke depan kita akan mendirikan minimal tiga pilot project klinik pratama,” tandasnya.


Metropolis Terbaru