• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Metropolis

Jamaah Haji Gelombang 1 Semua Telah Tiba di Tanah Suci

Jamaah Haji Gelombang 1 Semua Telah Tiba di Tanah Suci
Ilustrasi jamaah haji Indonesia saat tiba di Tanah Suci. (Foto: MCH 2024)
Ilustrasi jamaah haji Indonesia saat tiba di Tanah Suci. (Foto: MCH 2024)

Surabaya, NU Online Jatim

Pemberangkatan jamaah haji Indonesia gelombang I dinyatakan telah selesai, dan semuanya telah tiba di Tanah Suci. Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), jamaah haji gelombang I berjumlah 88.987 orang.

 

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, jamaah haji gelombang I tersebut didominasi jamaah yang belum pernah melaksanakan rukun Islam kelima sebelumnya.

 

“Mayoritas jamaah tersebut belum berhaji sebanyak 87.673 orang (98,52 persen). Bagi mereka, tahun ini merupakan kali pertama mereka berhaji, sementara jamaah yang telah berhaji hanya 1,48 persen atau 1.314 orang,” terang Widi dilansir dari laman resmi Kemenag RI, Ahad (26/05/2024).

 

Ia menuturkan bahwa jamaah haji gelombang I yang telah tiba di Tanah Suci didominasi jamaah perempuan sebanyak 49.210 orang atau 55,3 persen. Sementara jamaah haji berjenis kelamin laki-laki sebanyak 39.777 atau 44,7 persen.

 

“Dengan potret data jamaah gelombang I didominasi perempuan, kebijakan pemerintah memberikan proporsi petugas perempuan cukup banyak tahun ini. Hal ini sebagai langkah tepat sebagai bentuk afirmasi dan perlindungan jamaah,” ucapnya.

 

Dalam keterangannya, Widi juga menyampaikan imbauan agar jamaah ketika ke Masjidil Haram atau berpergian ke luar hotel melengkapi diri dengan alat pelindung diri berupa payung atau topi lebar.

 

“Hal ini penting dilakukan untuk menghindari sengatan langsung matahari, apalagi suhu panas cukup ekstrem di Tanah Suci mencapai 42 derajat celcius,” ungkapnya.

 

Pihaknya juga mengimbau agar jamaah haji selalu membawa paspor dan dokumen penting lainnya. Serta selalu mengenakan identitas pengenal berupa gelang dan smart card. Ia juga mewanti-wanti agar jamaah membawa kantong sandal dan dibawa saat ibadah di masjid.

 

“Jangan meletakkan sandal di sembarang tempat di masjid, karena berpotensi hilang dan lupa dan jangan menitipkan sandal ke jamaah lainnya untuk menghindari bila terpisah dari kelompoknya,” terang Widi.

 

Berdasarkan laporan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Sabtu (25/05/2024) pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Ahad (26/05/2024) pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), jamaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 102.104 orang yang terbagi dalam 259 kelompok terbang.

 

“Jamaah haji yang wafat hingga saat ini berjumlah 15 orang, dengan rincian jamaah wafat di bandara 1 orang, di Madinah 11 orang, dan di Makkah 3 orang,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru