• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Keislaman

Lafal Doa Mengantar Jamaah Haji ke Tanah Suci

Lafal Doa Mengantar Jamaah Haji ke Tanah Suci
Ilustrasi keberangkatan jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci. (Foto: NOJ/ ISt)
Ilustrasi keberangkatan jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci. (Foto: NOJ/ ISt)

Jamaah Haji asal Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama resmi diberangkatkan hari ini, Ahad (12/05/2024) oleh Menag RI Yaqut Cholil Qoumas. Biasanya sebelum momen keberangkatan mereka masing-masing melaksanakan walimatus safar haji.

 

Di momen ini, para jamaah haji menggelar tahlilan dan doa bersama bersama kerabat dan keluarga dekat. Hal ini untuk mendoakan jamaah haji agar pelaksanaan dalam menunaikan rukun Islam berjalan dengan lancar, selamat, dan menjadi haji yang mabrur. Serta, keluarga yang ditinggalkan memperoleh kemaslahatan.

 

Saat walimatus safar haji ini, kerabat, sahabat, dan keluarga jamaah haji dianjurkan untuk melepas calon jamaah dengan doa Rasulullah SAW berikut ini:

 

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

 

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

 

Artinya: “Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.”

 

Doa ini dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika salah seorang sahabat Rasulullah SAW menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini:

 

وروينا في كتاب الترمذي، عن أنس رضي الله قال : جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: يارسول الله، إني أريد سفرا فزودني، فقال: "زودك الله التقوى"، قال: زدني، قال: "وغفر ذنبك"، قال: زدني، قال: "ويسر لك الخير حيثما كنت" قال الترمذي: حديث حسن

 

Artinya: “Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

 

Artikel diambil dari: Doa Melepas Keberangkatan Jamaah Haji

 

Lafal doa yang baik ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendoakan jamaah haji dalam acara walimatus safar. Bacaan ini juga dapat digunakan untuk mendoakan jamaah haji yang sudah berangkat. Wallahu a’lam.


Keislaman Terbaru