• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Metropolis

Jangan Bilang Cinta Rasul bila Tolak Maulid Nabi Muhammad

Jangan Bilang Cinta Rasul bila Tolak Maulid Nabi Muhammad
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Khadijah Surabaya. (Foto: NOJ/Hisam Malik)
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Khadijah Surabaya. (Foto: NOJ/Hisam Malik)

Surabaya, NU Online Jatim

Abdullah Sani, Ketua Yayasan Khadijah Surabaya, kepada para guru dan siswanya agar senantiasa mengikuti apa yang telah diteladankan oleh Rasulullah SAW. Itu sebagai bukti cinta kepada Rasulullah. Ungkapan cinta juga bisa ditunjukkan dengan bergembira di hari lahir Nabi Muhammad SAW.

 

“Pertama, mari tingkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah dalam bentuk memperbanyak membaca shalawat kepadanya serta memperingati hari kelahirannya,” kata Abdullah saat memperingati Maulid Nabi oleh Yayasan Khadijah Surabaya yang digelar secara online pada Selasa (19/10).

 

Dijelaskannya, apabila memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saja tidak mau, bagaimana mau mengatakan cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Kata Abdullah, ltu namanya cinta palsu, cinta yang bohong. 

 

“Jadi, cinta kepada Rasullah harus kita wujudkan setidaknya dengan memperbanyak membaca shalawat dan dalam bulan kelahirannya turut serta memperingati, seperti pada hari ini,” ujar Abdullah.

 

Kedua, mencintai Rasulullah bisa dibuktikan dengan memperbaiki akhlak dan menjadikan Rasulullah sebagai contoh pertama. “Artinya apa, ketika kita mengaku sebagai umat dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW, maka cinta kita harus berimbang dengan cintanya Rasul kepada kita dan akhlak kita harus mengikuti seperti apa yang telah dicontohkan oleh beliau,” tandas Abdullah.

 

“Contohnya dalam lslam diatur bagaimana etika anak kepada orang tua, aturan anak kepada orang yang lebih muda dan tua, etika anak kepada guru, etika anak kepada sesama, itu semuanya sumbernya mengambil dari Rasulullah SAW. hanya kita di Yayasan Khadijah ini diperinci dalam bentuk SOP-SOP,” tambahnya.


Metropolis Terbaru