Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Semarak HSN 2021 di Surabaya Raya hingga Kediri Raya

Semarak HSN 2021 di Surabaya Raya hingga Kediri Raya
Kirab Keemasan NU rangkaian peringatan HSN 2021 di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Kirab Keemasan NU rangkaian peringatan HSN 2021 di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Surabaya, NU Online Jatim

Hari Santri Nasional (HSN) 2021 puncaknya tanggal 22 Oktober. Namun, kesemarakannya sudah terasa di sejumlah daerah, terutama di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Beragam kegiatan digelar demi menyemarakkan hari besarnya kaum santri tersebut.

 

Di Kota Kediri, misalnya, PCNU setempat menggelar gowes religi yang diikuti seluruh MWNU dan Ranting NU se kota setempat, Ahad (17/10). Kegiatan itu dihadiri seluruh pengurus dan Nahdliyin, juga Forkopimda setempat. Peserta gowes dibuka oleh Abu Bakar, Ketua PCNU Kota Kediri.

 

Di hari yang sama, Pengurus Cabang Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) setempat merealisasikan program kerja khitanan massal dalam rangka syiar Islam dan memperingati HSN tahun 2021 di Desa Turus, Kecamatan Gurah. “Kegiatan tersebut merupakan program kerja yang dilaksanakan berbarengan dengan HSN,” kata Niswatus Syarifah selaku ketua LKNU Kabupaten Kediri.

 

Tak hanya LKNU, Aswaja Center NU Kabupaten Kediri juga memperingati HSN sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW dengan seminar nasional di Masjid Agung An-Nur, Pare. Hadir sebagai pembicara Rijal Mumazziq, Rektor Inaifas Jember.

 

Di Kabupaten Malang, PCNU setempat memulai rangkaian peringatan HSN dengan Kirab Keemasan NU dengan start dari Pesantren Manabi'ul Huda, di Dusun Sumber Gong, Tumpukrenteng, Kecamatan Turen. Kirab Keemasan NU ini dilakukan selama tujuh hari berturut-turut dengan tim yang sama, yang membawa membawa Panji Pusaka NU yang akan singgah di 33 Kecamatan di Kabupaten Malang.

 

"Kita ingin memeriahkan HSN 2021 ini, salah satunya dengan Kirab Keemasan NU. Kalau dahulu para pejuang mempunyai spirit revolusi jihad melawan penjajah, tetapi sekarang kita memiliki revolusi jihad pula melawan kemiskinan. Oleh karena itu, tema Kemandirian NU menjelang abad ke dua ini kita kongkritkan bersama," kata Umar Usman, Ketua PCNU Kabupaten Malang.

 

Sementara di Kabupaten Lamongan, Nahdliyin setempat memulai rangkaian peringatan HSN pada Ahad (17/10) hingga Kamis (21/10). Seperti yang dilaksanakan oleh PR IPNU-IPPNU Desa Sidorejo, Kecamatan Sugio, yang menggelar aneka lomba dengan tema Mengenalkan Ahlussunnah wal Jamaah Sejak Dini.

 

Sedangkan di Kabupaten Gresik, Yayasan Pesantren Alkarimi Tebuwung, Kecamatan Dukun, bersama Lantamal V Surabaya dan Rabithah Ma'had Islamiyah (RMI) kecamatan setempat memperingati HSN dengan kegiatan vaksinasi dosis kedua dengan sasaran santri dan masyarakat setempat, Senin (18/10). Aminatun Habibah, Wakil Bupati Gresik, hadir dalam kegiatan tersebut.

 

Pun demikian di Kabupaten Sidoarjo, IPNU-IPPNU setempat menggelar berbagai lomba yang dikemas dalam Santri Aswaja Bermujahadah (Sajadah) untuk memeriahkan peringatan HSN 2021. Lomba tersebut, di antaranya, Kreasi Lalaran Nadhom (Sirandom), Film Praktikum Fiqih (Faqih), dan Lomba Menulis Esai.

 

Penulis: A Muwaffaq (Kediri), Moch Miftachur Rizki (Malang), Titik Nur Ma’rufah (Lamongan), M Syafik Hoo (Gresik), Maschan Yusuf (Sidoarjo)

Terkait

Metropolis Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini