Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Peringati HSN, FS UIN Jember Gandeng LTN NU Jawa Timur

Peringati HSN, FS UIN Jember Gandeng LTN NU Jawa Timur
Poster lomba dalam rangka Hari Santri Nasional 2021 oleh FS UIN Khas Jember. (Foto: panitia)
Poster lomba dalam rangka Hari Santri Nasional 2021 oleh FS UIN Khas Jember. (Foto: panitia)

Surabaya, NU Online Jatim

Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2021, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember menggandeng dua lembaga bergengsi untuk saling bersinergi. Dua Lembaga tersebut adalah Asosiasi Penulis dan Peneliti Islam Nusantara Seluruh Indonesia (Aspirasi) dan Pimpinan Wilayah Lembaga Ta’lif wa an-Nasyr NU Jawa Timur (LTN NU Jatim).

 

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah meliputi lomba karya tulis ilmiah dan pelatihan menulis, serta seminar kepesantrenan. Latar belakang adanya lomba karya tulis ilmiah ini bertujuan memperkenalkan khazanah Islam Nusantara yang moderat, toleran, akomodatif terhadap budaya, agar generasi muda tidak mudah terjebak dengan paham keislaman yang radikal dan intoleran.

 

Lomba karya tulis ilmiah sudah dibuka sejak 17 September sampai 10 Oktober lalu. Pemenang akan diumumkan bersamaan dengan pelatihan menulis untuk mahasiswa UIN KHAS Jember pada tanggal 27 Oktober mendatang.

 

Winarto Eka Wahyudi, Sekretaris Jenderal Aspiras, mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan sebagai peningkatan pemahaman Islam Nusantara, "Hal ini kita upayakan agar generasi muda kelak lebih memahami pentingnya merajut ke-Islaman dalam bingkai ke-Indonesiaan," ujarnya.

 

KH Ahmad Najib AR alias Gus Najib, Ketua PW LTN NU Jatim, mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung acara tersebut sebagai pengembangan kompetensi santri yang merupakan bagian dari program kerja LTN NU.

 

"Alhamdulilah, program ini sejalan dengan tupoksi dan program LTN NU dalam memperkuat kompetensi di kalangan santri dalam berkontribusi di bidang literasi," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan lahir penulis yang berkualitas dari kalangan santri. Hal ini mengingat sebagian ulama terdahulu masyhur sebab karya tulisnya tetap dipelajari hingga saat ini. Karena LTN NU Jatim dan Aspirasi juga bertindak sebagai tim penilai dari karya tulis peserta. "Harapannya nanti bisa dikembangkan menjadi kerja sama penerbitan karya," tambah Najib.

 

Sementara itu, Noor Harisudin, Dekan Fakultas Syariah UIN Khas Jember, mengatakan bahwa acara tersebut sesuai dengan perkembangan teknologi informasi digital, sebagai ciri khas dari revolusi industri 4.0. "Harapannya, semoga kita semakin menerapkan dan membumikan nilai-nilai kesantrian dalam kehidupan sehari-hari, dengan tetap menyesuaikan konteks di masa sekarang, terutama era digital 4.0," ujarnya.

 

Penulis: Arinal Haq

Terkait

Metropolis Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini