• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Metropolis

Kader NU Sidoarjo, Yuk! Ikut Madrasah Amil

Kader NU Sidoarjo, Yuk! Ikut Madrasah Amil
Poster Pelatihan dan Workshop Madrasah Amil di Sidoarjo oleh PW LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Poster Pelatihan dan Workshop Madrasah Amil di Sidoarjo oleh PW LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur menggelar Pelatihan dan Workshop Madrasah Amil secara maraton di sejumlah kabupaten/kota. Di Kabupaten Sidoarjo, kegiatan tersebut digelar di Aula Gedung MWC NU Buduran pada Ahad (27/02/2022) depan.

 

Moch Rofi’i Boenawi, Sekretaris LAZISNU Jatim, mengajak seluruh pengurus LAZISNU dari majelis wakil cabang hingga pengurus ranting untuk mengikuti kegiatan tersebut. “Mari mengikuti Madrasah Amil, supaya pemahamannya utuh tentang lembaga filantrofi di lingkungan  NU,” katanya kepada NU Online Jatim, Senin (14/02/2022).

 

Dia menjelaskan, Madrasah Amil adalah tempat pendidikan bagi pengurus baru LAZISNU. Di sini, nanti pengurus akan mendapat ilmu tentang pengelolaan zakat, infaq dan sedekah. Pada Madrasah Amil ini juga pengurus akan mendapat materi penguatan Fiqih Zakat dan tugas amil dalam perspektif Islam.

 

Bagi yang ingin ikut kegiatan penting tersebut, Rofi’i mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yakni, peserta adalah pengurus UPZIS dan JPZIS, takmir masjid dan mushala. Bagi peserta dari Buduran, diharuskan membayar kontribusi sebesar Rp75 ribu. Sementara dari luar buduran diwajibkan membayar kontribusi Rp100 ribu.

 

Pendaftaran bisa dilakukan dengan cara mengubungi salah satu dari nomor WhatsApp  0813-3465-6521 (Sigit Dwi Permana), 0813-3179-1480 (Lukman Hakim), atau di nomor 0857-2906-8221 (Muhammad Nidlomuddin). Calon peserta juga dapat mengikuti grub WhatsApp dengan link https://chat.whatsapp.com/EvOToxtAGufL3Rl5APrgHr.

 

“Para peserta akan mendapat fasilatas handout materi, sertifikat Pelatihan Madrasah Amil, snack dan coffee break, makan siang, peningkatan kapasitas diri dan lembaga, serta jaringan filantropi se-Jatim,” kata Rofi’i.

 

Nantinya, peserta akan mendapatkan tiga materi. Pertama, Fiqih Zakat dan tugas amil dalam perspektif Kutub at-Turats dan Undang-Undang. Materi ini akan dijelaskan oleh KH Mohammad Chusnan Ali selaku Wakil Katib Syuriah PWNU Jatim.

 

Kedua, profil ideal Nu Care-LAZISNU yang akan disampaikan Afif Amrullah, Ketua PW NU Care-LAZISNU Jatim. Materi ketiga ialah penguatan manajemen pelaporan dan tata kelola UPZIS yang baik oleh Muhammad Fatih Sururi, Bendahara PC LAZISNU Jombang.

 

Setelah selasai, para peserta akan mendapat tugas menyusun rencana strategis NU Care-LAZISNU sebagai Rencana Tindak Lanjut Madrasah Amil.


Metropolis Terbaru