• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Metropolis

Keren, Kader IPNU Ini Terpilih Jadi Gus Mojokerto 2021

Keren, Kader IPNU Ini Terpilih Jadi Gus Mojokerto 2021
Muhammad Aminuddin Zulfi, kader IPNU terpilih jadi Wakil 1 Duta Pariwisata Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/Yulia NH).
Muhammad Aminuddin Zulfi, kader IPNU terpilih jadi Wakil 1 Duta Pariwisata Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/Yulia NH).

Mojokerto, NU Online Jatim

Prestasi apik diraih kader pelajar NU Kabupaten Mojokerto, Muhammad Aminuddin Zulfi. Pasalnya, ia baru saja dinobatkan sebagai Wakil 1 Duta Pariwisata dalam Grand Final Gus Yuk Kabupaten Mojokerto 2021, Sabtu (28/08/2021).

 

Pada mulanya, kader IPNU kelahiran 1999 tersebut mengaku ragu untuk mengikuti ajang yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) setempat ini. Mengingat, pria yang merupakan anggota Badan Student Research Center PC IPNU Kabupaten Mojokerto ini mulai menginjak usia 21 tahun.

 

“Awalnya saya ragu untuk daftar karena umur saya yang sudah 21 tahun sedang pendaftar lain mayoritas utusan sekolah,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Selasa (31/08/2021).

 

Namun, setelah melalui pertempuran batin dan sejumlah pertimbangan yang matang, akhirnya ia mendaftarkan diri. “Salah satu yang membuat saya yakin daftar adalah suara di hati saya yang berkata kalau tidak sekarang kapan lagi,” kata pria yang karib disapa Zulfi ini.

 

Menurut Zulfi, beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam ajang ini ialah tahap seleksi berkas atau administrasi, dengan diwawancarai langsung mengenai biodata dan berkas yang diajukan.

 

Setelahnya, lanjut Zulfi, diumumkan 30 pasang yang lolos ke tahap selanjutnya untuk mengikuti tes tulis, public speaking, personality, dan deep interview. Pada tahap tersebut, ia mengaku berusaha untuk memberikan yang terbaik dan meyakinkan dewan juri agar lolos 15 besar.

 

“Alhamdulillah, saya lolos. Dan saya sangat bersyukur sekali karena ini adalah kesempatan luar biasa,” ujar alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas, Jombang ini.

 

Selain persiapan terkait peningkatan pengetahuan yang berkaitan dengan materi seleksi. Zulfi mengaku juga tidak lupa untuk berdoa secara terus menerus. Alhasil, secara bertahap ia lolos tujuh besar dan tiga besar, serta lolos pada babak grand final.

 

“Syukur alhamdulillah, akhirnya saya mendapatkan predikat Gus Wakil 1 Kabupaten Mojokerto 2021,” tutur mahasiswa Universitas Negeri Surabaya itu.

 

Pria yang beralamat di Desa Brayung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto tersebut memang tipikal pelajar yang multitalenta dan berpengalaman. Sejak memasuki jenjang perkuliahan dan aktif di organisasi, ia memiliki bakat public speaking secara otodidak. Tak ayal, segudang prestasi dan penghargaan pernah ia sabet.

 

“Saya mulai mengikuti ajang semacam ini sejak kuliah. Diawali dengan mengikuti pemilihan duta tingkat jurusan di kampus, selanjutnya juga di tingkat fakultas. Kemudian, finalis Duta Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur, dan Juara 1 Duta Santri dan Pelajar Majapahit 2021,” pungkasnya.

 

Atas predikat yang disandangnya, ia mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk berkontribusi aktif dalam pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Mojokerto.

 

Penulis: Yulia Novita Hanum

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru