Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Santri Fatchul Ulum Mojokerto Semangat Ikuti Vaksinasi Covid-19

Santri Fatchul Ulum Mojokerto Semangat Ikuti Vaksinasi Covid-19
Proses penyuntikan vaksin kepada santri Pondok Pesantren Fatchul Ulum. (Foto: NOJ/Mubarok)
Proses penyuntikan vaksin kepada santri Pondok Pesantren Fatchul Ulum. (Foto: NOJ/Mubarok)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pemerintah terus menggencarkan program vaksinasi untuk seluruh elemen masyarakat. Kali ini giliran Pondok Pesantren Fatchul Ulum Pacet, Kabupaten Mojokerto yang mendapat jatah vaksin dari Kodam V Brawijaya melalui Kodim 0815 Mojokerto.

 

KH Muslich Abbas, Pengasuh Pondok Pesantren Fatchul Ulum mengatakan bahwa vaksinasi untuk santri adalah ikhtiar agar santri sehat dan bisa melaksanakan kegiatan belajar dengan baik.

 

“Ini semua bagian dari ikhtiar sehat kita. Kita sebenarnya sudah tidak asing dengan vaksin. Dari dulu kita mengenal vaksin meningitis, cacar, dan lain-lain. Dan hari ini vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di sini secara serentak di pesantren kita,” kata Kiai Muslich, Selasa (31/08/2021).

 

Dirinya menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 tersebut diberikan kepada 350 santri Pondok Pesantren Fatchul Ulum.

 

“Vaksinasi hari ini diikuti oleh 350 santri. Dan sebelumnya para ustadz-ustadzah, serta dewan guru sudah divaksin,” terangnya.

 

Menurut Kiai Muslich, program vaksinasi untuk santri adalah wujud keseriusan pesantren dalam memperhatikan aspek kesehatan santri dan warga pesantren.

 

“Ini merupakan wujud keseriusan pesantren dalam memperhatikan aspek kesehatan di lingkungan lembaga pendidikan di masa pandemi. Selain itu kita juga ingin memiliki andil dalam membantu pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat,” ujarnya.

 

Kiai Muslich juga menjelaskan bahwa sebelum diadakan vaksinasi untuk santri, pengurus pesantren terlebih dahulu mensosialisasikan kepada santri dan wali santri.

 

“Sebelumnya kita sudah sosialisasikan kepada santri dan wali santri terkait manfaat vaksin. Alhamdulillah mereka merespons dengan baik dan sami'na wa atho’na,” jelasnya.

 

Ia berharap dengan vaksinasi ini pandemi segera berakhir dan belajar mengajar dapat dilaksanakan seperti dalam keadaan normal.

 

“Tentu kami sangat berharap pandemi ini segera berakhir. Agar kegiatan belajar mengajar bisa bebas dilaksanakan dan aktivitas kembali normal. ini juga merupakan persiapan untuk belajar tatap muka di sekolah kita,” harapnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Infantri Beny Asman mengungkapkan bahwa program vaksinasi untuk santri ini adalah amanah dari Pemerintah RI kepada panglima TNI.

 

“Vaskinasi ini adalah program dari Pemerintah RI yang dipercayakan kepada panglima TNI khususnya dalam melaksanakan vaksinasi untuk pondok pesantren. Jadi kami mendapat amanah untuk memvaksin santri-santri di Jawa Timur,” ungkapnya.

 

Dirinya juga mengapresiasi respons baik dari santri Pondok Pesantren Fatchul Ulum.

 

“Kami sangat senang sekali santri-santri di sini semangat untuk divaksin. Baru di pesantren ini santri-santrinya sangat antusias,” pungkasnya.

Terkait

Metropolis Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini