• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

Ketua PCNU Ajak ASN Kemenag Sidoarjo Cetak Generasi Qur’ani di Era Modernitas

Ketua PCNU Ajak ASN Kemenag Sidoarjo Cetak Generasi Qur’ani di Era Modernitas
Ketua PCNU Sidoarjo (baju hitam) bersama pejabat dan ASN Kemenag setempat. (Foto :NOJ/ Boy Ardiansyah)
Ketua PCNU Sidoarjo (baju hitam) bersama pejabat dan ASN Kemenag setempat. (Foto :NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

KH Zainal Abidin Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo mengajak Aparatur Sipil Negera (ASN) di Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  untuk bersama-sama membangun generasi Qur’ani di era modernitas. Hal itu disampaikan pada acara Nuzulul Qur’an, Selasa (26/04/2022).


Pada acara yang mengangkat tema ‘Kerukunan dan Keberagaman Berspektif Al-Qur’an’ tersebut, Kang Zainal sapaan akrab ketua PCNU Sidoarjo menilai, kemajuan teknologi sudah masuk di berbagai lini kehidupan manusia.


“Kemajuan teknologi telah menyatu di setiap sendi kehidupan seseorang. Hingga menjadi tantangan tersendiri dalam menjadikan Al Qur'an sebagai pedoman utama dalam kehidupan bermasyarakat,” ucapnya pada acara yang digelar di aula Kemenag Sidoarjo tersebut.


Alumni Pondok Pesantren Al-Khoziny, Buduran itu mengajak para hadirin untuk memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah untuk muhasabah (intropeksi) diri guna menjadi seorang muslim yang lebih baik dan lebih baik lagi. Disebutkan, Ramadhan adalah kawah candradimuka untuk membentuk jati diri yang baik dan memiliki iman yang kuat.


“Maka kita perlu membranding diri kita untuk menjadi lebih baik. Bagaimana agar kita mampu menampilkan jasmani yang menarik tapi juga memiliki rohani yang baik di hadapan Allah SWT," imbuhnya.


Enis Faricha Arwani selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) dalam sambutanya menyampaikan beberapa program Kemanag Sidoarjo dalam bulan Ramadhan yang sudah terealiasai. Beberapa kegiatan tersebut di antaranya; memperingati hari kartini, vaksinasi booster dan memperingati nuzulul Qur’an.


Lebih lanjut perempuan yang berprofesi sebagai tenaga kependidikan ini perpesan dalam rangka memperingati nuzulul Qur’an, sebagai seorang wanita mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk generasi Qur’ani.


“Mari kita hafal dan pelajari isi Al Qur’an agar tercapai baldatun thoiyibatun marobbul ghofur. mari kita bersama sama evaluasi dan berbena diri mengingat kembali akan peristiwa nuzulul Qur’an,” pungkasnya.


Hadir pada kesempatan ini Kepala Kemanag Sidoarjo, H Moh Arwani, diikuti oleh Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri, Pengawas, Penyuluh serta seluruh ASN di kantor induk yang mengenakan pakaian serba putih dan bersarung bagi pria.


Diketahui, acara juga dikemas dengan pemberian insentif guru RA Perwanida non-sertifikasi bekerja sama dengan UPZ Kankemenag Sidoarjo.


Editor:

Metropolis Terbaru