• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Metropolis

Ketua Ranting NU Jadi Kasi PD Pontren Kemenag Sidoarjo

Ketua Ranting NU Jadi Kasi PD Pontren Kemenag Sidoarjo
Moh Sholehuddin bersama sejumlah pejabat di lingkungan Kemenag Sidoarjo yang hari ini dilantik oleh Kepala Kemenag Sidoarjo. Foto: Istimewa
Moh Sholehuddin bersama sejumlah pejabat di lingkungan Kemenag Sidoarjo yang hari ini dilantik oleh Kepala Kemenag Sidoarjo. Foto: Istimewa

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidoarjo hari ini melantik sejumlah pejabat di lingkungan Kemenag Sidoarjo yang dipusatkan di Aula kantor Kemenag setempat, Selasa (21/06/2022).


Di antara sejumlah pejabat tersebut, terdapat nama Moh Sholehuddin yang dilantik menjadi Kepala `Seksi (Kasi) Pendidikan Diniyah (PD) dan Pondok Pesantren (Pontren) Kemenag Sidoarjo.


Pria asli Sidoarjo kelahiran 1 Juli 1976 yang masih aktif menjabat sebagai Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Sumokali, Kecamatan Candi ini sebelumnya menjabat sebagai Kasi Seni Budaya dan MTQ di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag  Jatim.


Doktor lulusan S3 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tersebut berharap, ke depan bisa memberikan pendampingan di madrasah diniyah dan pesantren.


“Harapan saya ke depan mampu melaksanakan tugas yaitu memberikan pendampingan untuk meningkatkan pendidikan di madrasah diniyah dan pesantren, serta TPQ se-Kabupaten Sidoarjo,” katanya kepada NU Online Jatim usai pelantikan.


Lebih lanjut, bapak dua anak ini membeberkan resep  kesuksesannya dalam berkarier. Pertama, bekerja dengan penuh semangat dan ikhlas.


“Selanjutnya, apabila diperintah melaksanakan tugas apa saja oleh pimpinan harus siap dan tidak boleh menolak walaupun berat,” ungkapnya.


Sholehuddin menceritakan berbagai pengalaman pengabdiannya, di antaranya pernah menjadi Kasi Penyelenggara Zakat Wakaf  Pada Kemenag Sidoarjo dan penyuluh Agama Islam Kemenag Sidoarjo. Selain itu, ia pernah ditunjuk menjadi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau ‘Ketua Kloter’  71 SUB Surabaya pada tahun 2019 dan Pemimpin Redaksi (Pemred) Majalah An-Nur Kemenag Sidoarjo.


Disela-sela kesibukan pekerjaannya sehari-hari, dirinya masih menyempatkan diri mengabdi sebagai guru Madrasah Aliyah Manbaul Hikam (Mahika) Putat, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo sampai sekarang. Ia pun juga pernah mengajar sebagai dosen di STT Gempol, Pasuruan (2004 –2009).


Segudang pengalaman organisasi juga telah diikutinya, yakni pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) Lembaga Bahtsul Masail NU (LBMNU) Candi (2016-2021), Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Candi  (2019 -2022), hingga saat ini ia pun masih aktif menjadi Ketua PRNU Sumokali dan pengurus NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo.


Kemudian, ia pernah menjadi anggota Komisi Kerukunan Umat Beragama pada Dewan Pimpinan (DP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sidoarjo (2015-2020) dan sebagai Sekretaris DP MUI Kabupaten Sidoarjo Periode 2020-2025.


Editor:

Metropolis Terbaru