• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Metropolis

Koin Digital Muktamar, Begini Cara Donasinya

Koin Digital Muktamar, Begini Cara Donasinya
Ilustrasi
Ilustrasi

Surabaya, NU Online Jatim

Gelaran Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung pada 23-25 Desember 2021 mendatang perlu disukseskan bersama. Salah satunya dengan membantu panitia menyediakan anggaran pelaksanan Muktamar.

 

Untuk itu, panitia sudah membuat program bernama ‘Koin Muktamar’. Awalnya, program tersebut dilakukan secara konvensional yang dimobilisasi langsung NU Care-LAZISNU di seluruh cabang dan wilayah. Namun, kini Koin Muktamar bisa didukung secara digital.

 

“(Kini) Koin Muktamar ini menjadi digital. Ini diselenggarakan atau dikomandani oleh LAZISNU dan NU Online. NU Online bertugas untuk melakukan publikasi terhadap Koin Muktamar digital ini,” kata Bendahara Panitia Muktamar ke-34 NU Gus Aizuddin Abdurrahman dikutip NU Online Senin (01/11).



Dalam kesempatan rapat panitia di kantor PBNU Jakarta, Gus Aiz mendemokan cara penggunaan Koin Muktamar yang terdapat di situsweb resmi NU Care-LAZISNU. Koin muktamar ini bisa diakses melalui tautan www.nucare.id/program/koinmuktamar.

 

“Klik donasi sekarang. Kemudian pilih nominal, misal Rp200 ribu, lanjut pembayaran. Itu ada banyak pilihan opsi melalui dompet digital maupun virtual account. Kalau dompet digital maksimal Rp2 juta, kalau virtual account tergantung kemampuan donatur,” jelas Gus Aiz.

 

Selanjutnya, Gus Aiz meng-klik Go-Pay untuk pembayaran. Lalu menulis nama Ikhwan Sugiono dan memasukkan nomor telepon. Di laman itu, terdapat petunjuk untuk memasukkan email. Namun, email tidak dimasukkan pun tidak masalah.

 

“Lalu tulis pesan, misalnya, selamat dan sukses Muktamar Ke-34. Lanjutkan pembayaran. Lanjut, bayar sekarang. Scan barcode, klik saya sudah bayar. Transaksi berhasil. Publikasi Koin Muktamar ini akan dikelola sepenuhnya oleh NU Online,” kata Gus Aiz, menjelaskan cara melakukan donasi.

 

Ia juga mengingatkan bahwa pertanggungjawaban atau akuntabilitas penerimaan dan penggunaan Koin Muktamar ini menjadi konsep bagi panitia muktamar. Sebab di dalamnya, terdapat dana publik.

 

“Pertanggungjawaban atau akuntabilitas penerimaan dan penggunaan menjadi konsep kita bersama. Karena ada dana publik, baik sebagai warga NU maupun simpatisan yang harus kita lakukan secara bertanggung jawab,” katanya.

 

 

Hingga Senin tanggal 1 November 2021 pukul 22.30 WIB, Koin Muktamar Digital yang digawangi NU Care-LAZISNU itu telah terkumpul Rp1.031.567.924 dari total Rp5 miliar. Sebanyak 626 donatur telah menyumbang untuk membantu terwujudnya kemandirian NU dalam menyelenggarakan muktamar.


Editor:

Metropolis Terbaru