• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

Kongres IV Pagar Nusa Dibuka Menpora hingga Dihadiri Kapolri

Kongres IV Pagar Nusa Dibuka Menpora hingga Dihadiri Kapolri
Menpora RI Zainudin Amali saat membuka Kongres IV Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa. (Foto: NU Online)
Menpora RI Zainudin Amali saat membuka Kongres IV Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa. (Foto: NU Online)

Surabaya, NU Online Jatim
Kongres IV Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa digelar di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (05/11/2022). Mewakili Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka agenda yang juga dihadiri Kapolri Listyo Sigit Prabowo.


“Pemerintah telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu dari 14 cabang olahraga (cabor) unggulan dalam Desain Olahraga Nasional,” ujar Menpora Amali mengawali sambutannya dilansir NU Online.


Dirinya menyampaikan, saat ini pemerintah tengah mengupayakan agar pencak silat bisa menjadi salah satu cabor dan berprestasi di tingkat olimpiade. Ia pun meminta bantuan Pagar Nusa untuk sama-sama mewujudkan keinginan tersebut.


"Pencak silat belum menjadi cabor yang dipertandingkan di olimpiade, tapi sedang diusahakan minimal masuk di eksibisi olimpiade. Saya harap, itu bisa terwujud atas peran dan kontribusi dari atlet-atlet Pagar Nusa," ungkapnya.


Tak lupa, ia mengharapkan agar gelaran Kongres IV Pagar Nusa ini dapat berlangsung dengan lancar dan melahirkan evaluasi-evaluasi program, rekomendasi-rekomendasi, ketua umum serta pengurus yang baru.


"Walaupun peserta kongres ini adalah para pendekar, tapi pemerintah tetap mengharapkan kongres ini dilaksanakan dengan adem, guyub, rukun, enak, dan apa pun hasilnya harus bisa diterima oleh semua pihak," katanya.


"Saya percaya, kader Pagar Nusa kalau kongres pasti tidak akan gaduh, tapi akan aman, tertib, dan berjalan sesuai dengan waktunya," imbuh Menpora Amali.


Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) PSNU Pagar Nusa M Nabil Haroen menyampaikan sejumlah hal capaian selama ini. Salah satunya adalah transformasi digital dan kemandirian organisasi.


Wujud transformasi digital yang dilakukan Pagar Nusa adalah berhasil menciptakan e-KTA (kartu tanda anggota elektronik). Dari situ, tercatat bahwa kader Pagar Nusa di seluruh Indonesia dan beberapa negara di luar negeri mencapai 3 juta orang.


Sedangkan di bidang kemandirian organisasi, Gus Nabil mengatakan bahwa sudah banyak pimpinan cabang dan wilayah yang telah berhasil membangun padepokan atau sekretariat dengan biaya sendiri, hasil dari iuran anggota para pengurus dan kader.


Diketahui, Kongres IV Pagar Nusa bertema 'Menjura ke Angkasa, Mengakar ke Bumi, Menjaga Peradaban' ini dihadiri oleh sejumlah tokoh. Di antaranya, Ketua PBNU H Umarsyah, Rektor Universitas Islam Makassar Hj A Majdah M Zain, dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.


Selain itu, hadir pula para ketua umum Pagar Nusa sebelumnya yakni KH Fuad Anwar (2007-2010), Gus Aizzuddin Abdurrahman (2012-2015), dan Ajengan Mimih Haeruman (2015-2017).


Dewan Khos PP Pagar Nusa KH Badrul Huda Zainal Abidin dari Lirboyo dan Majelis Pendekar PP Pagar Nusa Ajengan Ubaidillah Ruhiat dari Cipasung tampak hadir di dalam acara pembukaan Kongres IV Pagar Nusa.


Metropolis Terbaru