• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

LAZISNU Jatim Galang Donasi untuk Korban Banjir di Madura

LAZISNU Jatim Galang Donasi untuk Korban Banjir di Madura
Kondisi banjir di Pamekasan saat ditinjau Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (02/03/2022). (Foto: Humas Pemprov Jatim)
Kondisi banjir di Pamekasan saat ditinjau Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (02/03/2022). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur membuka donasi untuk membantu korban banjir Madura, terutama di Kabupaten Pamekasan. Gara-gara musibah itu, ribuan jiwa di delapan kecamatan menjadi korban.


Diketahui, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sejak Selasa dini hari, 1 Maret 2022, menyebabkan Sungai Kloang dan Kali Semajid meluap. Akibatnya, sejumlah ruas jalan protokol terendam banjir dan 6.329 kepala keluarga (KK) terdampak. Hingga Rabu (03/03/2022), air masih menggenangi rumah-rumah warga.


Sejumlah kelurahan dan desa di beberapa kecamatan pun terendam air. Di antaranya di Kelurahan Jungcangcang, Parteker, Kolpajung, Petemon, Gladak Anyar, Kangenan, dan Barurambat Kota. Banjir kali ini juga terjadi di sejumlah titik di Kecamatan Pademawu, Palengaan, Proppo, dan sebagian di Kecamatan Galis.


“Terkait musibah yang dialami saudara kita di Madura, insyallah PW LAZISNU Jatim akan memberikan bantuan berupa makanan siap saji, obat-obatan dan beberapa kebutuhan lainnya,” kata Moch Rofi'i Boenawi, Direktur PW LAZISNU Jatim, saat dihubungi NU Online Jatim, Kami (03/03/2022).


Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Menganti, Gresik, itu telah menginstruksikan kepada Pengurus Cabang LAZISNU Pamekasan dan Sampang untuk melakukan asesmen. Dari asesmen itu, diketahui kebutuhan darurat saat ini meliputi makanan siap saji, selimut, terpal, air bersih, masker, dan obat-obatan.


“Insyallah PW LAZISNU Jatim akan turun. Untuk itu kami mengajak kepada seluruh Nahdliyin, khusunya mereka yang mampu, untuk memberikan donasi terbaiknya melalui NU Care-LAZISNU Jatim,” terang alumni Pondok Pesantren Al-Khoziny Buduran, Sidoarjo, itu.


Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan donasi, dapat melalui rekening bank jatim dengan nomor (114) 610-1999-984 atas nama an Lazisnu Jatim Infaq. Ata uke nomor bank BCA (014) 429-8624-999. Tambahkan kode 03 di akhir nominal. Contoh Rp.500.003. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0896-3009-2626.


Metropolis Terbaru