• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

LAZISNU Ranting di Sidoarjo Salurkan Biaya Pendidikan Pelajar

LAZISNU Ranting di Sidoarjo Salurkan Biaya Pendidikan Pelajar
Yusna Sholihah, Tim Gerakan S3 UPZIS Nu Care - LAZISNU Ranting Prasung melakukan pembayaran biaya pendidikan kepada Mirna Rosita, Bendahara Sekolah. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar).
Yusna Sholihah, Tim Gerakan S3 UPZIS Nu Care - LAZISNU Ranting Prasung melakukan pembayaran biaya pendidikan kepada Mirna Rosita, Bendahara Sekolah. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Salah satu fokus program Unit Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah (UPZIS) NU Care – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZISNU) Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo adalah bidang pendidikan untuk yatim dan dluafa. Kali ini yang berkesempatan mendapatkan bantuan adalah Tri Yuli Setiawan, siswa kelas XII salah satu SMK di Sidoarjo. Iwan merupakan putra dari Istiyah, salah satu penerima manfaat dari KPS (Kartu Prasung Sehat).

 

Tri Yuli Setiawan adalah salah satu kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ranting Prasung yang selalu aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan pengurus.

 

Pada malam hari sebelum penyaluran, Iwan masih berada di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Buduran untuk dilantik sebagai pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU. Ketika itu Ketua UPZIS Prasung Abdul Mujib hendak mengabarkan rencana pengurus membantu biaya pendidikannya di sekolah.

 

Bantuan sebesar Rp 2.847.000 diserahkan Yusna Sholihah salah satu Tim Gerakan S3 (sedekah sedino sewu) bersama Ketua UPZIS NU Care - LAZISNU Desa Prasung kepada Mirna Rosita Bendahara sekolahnya Iwan, Senin (30/11/2020).

 

Praba, selaku wali kelas dan perwakilan sekolah yang turut hadir menyampaikan, Iwan merupakan siswa aktif dalam proses pembelajaran dan tidak pernah menampakkan perilaku yang bertentangan dengan peraturan sekolah. Namun akhir-akhir ini terlihat kurang memiliki motivasi karena beban biaya yang belum terbayarkan. “Semoga kedepan dalam proses pembelajaran semakin aktif dan semangat dalam menuntut ilmu,” ujarnya.

 

Ia juga menyambut baik program tersebut karena dapat membantu kelancaran proses pendidikan yang akan dilaksanakan. Program kerja sama ini menurutnya harus berlanjut dan bisa menunjang proses pendidikan agar semakin baik. 

 

Sementara itu, Abdul Mujib, Ketua UPZIS NU Care - LAZISNU Desa Prasung berharap agar Iwan meningkatkan motivasi belajar dan juga semakin aktif mengikuti kegiatan pengurus IPNU maupun GP Ansor Ranting Prasung.

 

Pihaknya mangajak kepada seluruh masyarakat agar menunaikan zakat, infaq maupun sedekahnya melalui UPZIS NU Care - LAZISNU Desa Prasung. "Karena dana ZIS yang terhimpun kami salurkan melalui program-program yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat. Seperti santunan dluafa, anak yatim, pemberdayaan ekonomi produktif, dan lain sebagainya," jelasnya.

 

 

Istiyah, orang tua dari IWan menyampaikan terima kasih kepada para muzaki dan donator yang telah membantu meringankan beban biaya keluarganya melalui UPZIS NUCare-LAZISNU Desa Prasung.

 

"Kami terus berupaya agar dana yang terhimpun kami distribusikan dan didayagunakan untuk kemaslahatan umat khususnya warga dan jama’ah di Desa Prasung Buduran Sidoarjo," pungkas Abdul Mujib.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru