• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 24 Februari 2024

Metropolis

LAZISNU Sidoarjo Terima Kunjungan Silaturahim dari Lumajang

LAZISNU Sidoarjo Terima Kunjungan Silaturahim dari Lumajang
Kunjungan silaturahim kepada LAZISNU Sidoarjo oleh LAZISNU Lumajang di Aula Kantor PCNU Sidoarjo, Ahad (03/12/2023). (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Kunjungan silaturahim kepada LAZISNU Sidoarjo oleh LAZISNU Lumajang di Aula Kantor PCNU Sidoarjo, Ahad (03/12/2023). (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sidoarjo menerima kunjungan silaturahim dari LAZISNU Lumajang. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Ahad (03/12/2023).

 

Ketua LAZISNU Sidoarjo, Abdul Mujib menyampaikan bahwa rombongan dari LAZISNU Lumajang berjumlah sepuluh orang. “Mereka dipimpin langsung oleh Ketua LAZISNU Lumajang H Haryono Subiyanto dan Mas Rofi'ul Ulum selaku Direktur LAZISNU,” katanya kepada NU Online Jatim, Senin (04/12/2023).

 

Mujib mengatakan, pihaknya diminta oleh LAZISNU Lumajang untuk menjelaskan gerakan LAZISNU Sidoarjo secara rinci. Mulai dari penghimpunan, penyaluran dan pelaporan zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) di tingkatan PCNU Sidoarjo.

 

Selain itu, ia juga diminta menjelaskan bagaimana pola pendekatan dan pendampingan kepada LAZISNU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) maupun LAZISNU Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), sehingga pergerakan LAZISNU berjalan dengan baik di akar rumput.

 

“Karena yang diminta terkait pelaporan, maka kami mengutus Ahmad Iwan selaku Koordinator Divisi Pelaporan LAZISNU Sidoarjo. Alhamdullah, telah menjabarkan secara detail terkait bagaimana alur, teknis dan contoh laporan yang selama ini dilakukan LAZISNU Sidoarjo,” ungkapnya.

 

Dijelaskan, gerakan filantropi hingga akar rumput yang digawangi oleh LAZISNU memang menjadi prioritas utama PCNU Sidoarjo sejak awal kepemimpinan KH Muhammad Zainal Abidin. Oleh sebab itu, dimana pun pengurus PCNU Sidoarjo berkesempatan ceramah atau mengisi materi selalu diselipkan ajakan untuk menggerakkan program kaleng melalui LAZISNU.

 

Dalam kesempatan itu, Mujib juga memberi saran kepada LAZISNU Lumajang untuk memaksimalkan koordinator wilayah. “Dengan optimalnya koordinator wilayah ini LAZISNU MWCNU jadi lebih mudah berkoordinasi untuk sinergi program antara LAZISNU MWCNU dengan LAZISNU PCNU,” ujarnya.

 

Mujib mengatakan agar dukungan dan peran kepengurusan di PCNU Lumajang untuk lebih dikuatkan lagi sebagai penentu kebijakan. Dengan demikian program LAZISNU akan lebih mudah terealisasi dengan maksimal.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada LAZISNU Lumajang atas kesediaannya datang ke Sidoarjo. Semoga silaturahim ini dapat menumbuhkan semangat baru, baik LAZISNU Sidoarjo maupun Lumajang,” tandasnya.


Metropolis Terbaru